Makna Budaya Petasan Serta Kepercayaan Mistis di Betawi


Siapa yang tidak tahu dengan “petasan”. Ya! Benda yang bisa meledak ini telah menjadi budaya suku Betawi. Budaya petasan ini, konon budaya ini muncul karena sepinya kota Jakarta pada tahun 1940 sampai 1950.

Pemukiman masyarakat Jakarta pada saat itu sangatlah jarang. Satu kampung hanya dihuni sekitar enam atau tujuh rumah saja, biasanya itu juga masih sanak keluarga.

Jarak antar satu kampung ke kampung lainnya itu sekitar satu sampai dua kilometer, dan juga seterusnya. Lingkungan kampung juga masih dikelilingi oleh hutan lebat.

“Di sekeliling kampung yang masih hijau royo-royo dengan ditumbuhi pepohonan buah-buahan seperti mangga, rambutan hingga salak,” kalimat di buku ‘Kisah Betawi Tempo Doeloe: Robin Hood Betawi, dikutip pada hari Kamis, 13 April 2017.

Sungai di Jakarta pada masa itu pun airnya masih jernih. Semua penduduk Betawi bisa mencuci, mandi, wudhu dan juga mengambil airnya untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Kalaupun ada penduduk yang ingin mengadakan hajatan seperti khitanan, menikahkan anak, naik haji, Maulid Nabi, sampai Isra Mi’raj, mereka biasanya akan mengundang penduduk kampung yang lain.

Maka untuk itulah penduduk Betawi pada zaman dulu menyalakan petasan rencengan yang panjang supaya penduduk lainnya mendengar kalau adanya hajatan atau acara. Mereka tidak perlu lagi untuk mengundang secara langsung kerumah penduduk, karena penduduk satu persatu pasti akan datang setelah mendengan suara petasan yang dinyalakan sebelumnya.

Irwan Syafi’ie selaku Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dalambuku tersebut mengatakan, banyaknya petasan yang dipasang itu menunjukan status sosial orang tersebut.

“Semakin banyak memasang petasan, maka ia makin mendapat pujian,” ucap Irwan dalam buku.

Sama seperti sekarang ini, saat itu juga ada dua jenis petasan, yaitu petasan impor dan petasan lokal. Petasan impor berasal dari negara sakura, Jepang. Pada masa pendudukan Belanda, petasan yang berasal dari Jepang banyak dipasarkan di Glodok, Tana Abang, Mester atau Jatinegara dan juga Pasar Senen. Sedangkan kalau petasan lokal dibuat di Parung, Kabupaten Bogor, oleh perusahaan keluarga yang sudah turun-temurun.

Dilihat dari kualitasnya memang petasan impor suaranya lebih keras dan nyaring dibandingkan dengan petasan lokal (Parung). Warga lebih bangga kalau menggunakan petasan impor.

Menurut Irwan, bagi warga Betawi, petasan biasanya digunakan untuk membangunkan orang saat sahur di bulan Ramadhan. Namun sayangnya, bunyi petasan itu tidak hanya membangunkan orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Sedangkan, warga Betawi membunyikan petasan pada saat Lebaran sebagai ungkapan kegembiraan, setelah melaksanakan rukun Islam keempat selama satu bulan penuh.

Tapi, sekarang menyalakan petasan sudah dianggap sebagai perbuatan yang mubazir atau pemborosan. Bahkan, sekarang dilarang karena sering memakan korban dan juga sering dipakai untuk tawuran.

Guna Mengusir Roh Halus

Petasan awalnya datang dari Tiongkok. Kebudayaan ini dibawa oleh imigran Tiongkok yang datang ke Batavia saat masa kolonial atau pada abad ke-18.

Warga Tiongkok pada masa itu merupakan 30% dari penduduk Batavia yang berjumlah sekitar 50 ribu jiwa. Sejak awal masa penjajahan, para gubernur jendral VOC sangat membutuhkan tenaga kerja untuk pembangunan Batavia.

Warga Tiongkok di mata Belanda dinilai sebagai pekerja keras, ulet, dan juga pantang menyerah. Warga Tiongkok juga tetap  mempertahankan kebudayaannya, mulai dari bermain judi, kebiasaan minum arak, dan juga memasang petasan.

Penduduk Tiongkok mempercayai petasan bisa mengusir roh halus seperti jin, iblis atau setan. Konon dulu di daratan China terjangkit wabah penyakit yang mematikan. Wabah tersebut menjalar sangat cepat sampai memakan korban.

Mereka percaya kalau wabah itu berasal dari ulah roh halus. Untuk mengusirnya, penduduk Tiongkok kemudian memukul benda-benda yang bersuara nyaring seperti gendang, seng dan tambur.

Lambat laun berkembang, dan terciptalah petasan dari bermacam jenis, seperti yang bisa dilempar, tujuannya adalah untuk mengusir roh halus. Dan akhirnya kebudayaan ini kemudian dibawa imigran Tiongkok ke Batavia.


Bagikan


Ternyata-6-Ikon-Populer-Ini-Memiliki-Fakta-yang-Masih-Misterius

Ternyata 6 Ikon Populer Ini Memiliki Fakta yang Masih Misterius!

Jelang-Pernikahan-KahiyangBobby-Presiden-Jokowi-Memasang-Bleketepe

Jelang Pernikahan Kahiyang&Bobby, Presiden Jokowi Memasang Bleketepe

Ajang-Tahunan-ini-Buktikan-Tasikmalaya-Siap-Menjadi-Destinasi-Kreatif

Ajang Tahunan ini Buktikan Tasikmalaya Siap Menjadi Destinasi Kreatif

Keren-WHO-Pajang-Batik-Khas-Banyumas-Bermotif-Virus-Flu-di-Swiss

Keren! WHO Pajang Batik Khas Banyumas Bermotif Virus Flu di Swiss

Padukan-Biola-dengan-Songket-Cara-Mempromosikan-Budaya-Indonesia-di-AS-ala-Tengku-Ryo

Padukan Biola dengan Songket Cara Mempromosikan Budaya Indonesia di AS ala Tengku Ryo

Batik-Tidak-Kalah-Saing-dengan-Pakaian-Impor-yang-Merajalela-di-Indonesia

Batik Tidak Kalah Saing dengan Pakaian Impor yang Merajalela di Indonesia

Mengenang-Benyamin-Sueb-Teater-Abang-None-Gelar-Pementasan

Mengenang Benyamin Sueb, Teater Abang None Gelar Pementasan

Kuliner-Khas-Indonesia-Siap-Menggoyang-Lidah-Australia-di-Spring-Festival

Kuliner Khas Indonesia Siap Menggoyang Lidah Australia di Spring Festival

News Feed


Protes Karena Bendera Indonesia Terbalik, Situs Asal Malaysia Diretas Hacker

Insiden mengecewakan terbaliknya bendera Indonesia pada buku panduan SEA Games 2017 hingga kini masih berbuntut panjang.

Ingin Kulit Tubuh Lebih Sehat dan Terawat? Konsumsi 7 Makanan Ini

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi, supaya kulit tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah iritasi.

Tips Menjaga Kulitmu Agar Selalu Terawat dan Sehat

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi bila kamu ingin kulitmu sehat dan selalu kencang.

Pemprov DKI Jakarta Resmi Tutup Alexis, Ini Penjelasan Anies

Operasional hotel yang diduga menjadi lokasi prostitusi itu tidak bisa dilanjutkan lagi karena izinnya sudah habis pertanggal surat tersebut yang dikeluarkan, yakni pada Jumat, 27 Oktober 2017.

Mengagumkan, Desa Nglanggeran Menjadi Desa Wisata Terbaik di Asia Tenggara

Penghargaan sebagai wisata desa terbaik ini merupakan motivasi untuk pariwisata yang ada di Yogyakarta untuk terus bisa meningkatkan pelayanan pariwisatanya.

Kemunculan Planet Kesembilan di Tata Surya, Apakah Tanda Kiamat?

NASA baru-bari ini telah merilis pernyataan bahwa mereka menemukan planet kesembilan dalam sistem tata surya, yang dijuluki sebagai Planet Nine.

Terkuak, Laptop dan Ponsel Merupakan Sarang Bakteri Mematikan

Tidak disangka ternyata ponsel dan laptop merupakan sarang bakteri super (superbugs) yakni jenis bakteri yang sangat berbahaya dan mematikan. Hati-hati bila menggunakan barang ini!

Viral di Media Sosial, JPO di Cengkareng Ini Menyimpan Misteri

Jembatan ini disebut-sebut oleh warga sekitar menyimpan sebuah cerita yang menyeramkan. Pengendara tidak hanya terjungkal, ada yang luka-luka, patah tulang, hingga berujung pada kematian.

Kamu Suka Chinese Food? Inilah Jenis Chinese Food yang Mendunia!

Dari banyaknya masakan-masakan China tersebut, setidaknya ada 8 jenis yang menjadi ciri khasnya. Sama seperti masakan Indonesia yang terbagi menjadi masakan Manado, masakan Sunda atau masakan Padang.

Menangis Menyehatkan Mata, Benarkah?

Saat kita menangis, ada sekitar 5 sampai 10 ons air mata yang keluar dari kelenjar air mata. Bahkan saat dalam keadaan tidak menangis saja mata juga dapat memproduksi air mata.

Inilah 7 Reaksi Ajaib Tubuh Ketika Sedang Jatuh Cinta

Ada banyak sekali reaksi tubuh saat sedang jatuh cinta. Sebut saja seperti nyeri di perut, jantung berdetak lebih cepat, serta keinginan terus-menerus menatap wajahnya.

Inikah Penyebab dari Kekalahan Agus-Sylvi?

Menurut Hendri, Agus tidak bisa membalikan posisinya saat di akhir debat. Oleh karena itu, dukungan terhadap pasangan Agus-Sylvi pun beralih ke Anies-Sandiaga yang dianggap mempunyai visi dan misi.

Akan ke Korea Selatan, Timnas U-19 Latihan di Bandung

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang melakukan pemusatan latihan di Lembang, Bandung jelang menghadapi kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan, 31 Oktober hingga 8 November 2017.

Inilah 5 Bahan Rumahan yang Ampuh Meredakan Sakit Gigi

Berikut ini Panggung Berita mempunyai tips untuk meredakan sakit gigi dengan menggunakan bahan rumahan, yuk simak!

Inilah 6 Manfaat yang Akan Anda Dapatkan Apabila Memakan 2 Pisang sehari

Penasaran apa saja manfaat yang anda dapatkan apabila mengonsumsi pisang untuk tubuh anda? Mari simak penjelasan

Mengenang Benyamin Sueb, Teater Abang None Gelar Pementasan

Sebagai persembahan dan wujud apresiasi terhadap sosok Benyamin Sueb, Teater Abang None Jakarta menggelar konser teatrikal berjudul "Babe, Muka Kampung Rejeki Kota".

Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Tulang

Beberapa makanan dan minuman ini dapat merusak tulang kita, hati-hati apabila mengkonsumsi makanan dan minuman ini Sahabat Panggung Berita..

BPOM: Kerupuk Memang Pasti Terbakar Jika Disulut Api

Beberapa hari ini, media sosial diramaikan oleh kasus terbakarnya kerupuk ketika makanan tersebut di dekatkan dengan api. Lalu bagaimana tanggapan BPOM? Simak kelanjutannya disini!

Inilah 9 Jenis Minuman yang Harus Dihindari Oleh Anak Anda!

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum beberapa minuman yang alangkah baiknya jika tidak diberikan oleh anak Anda

6 Destinasi Wisata Terbaik di Bogor untuk Liburan Keluarga di Akhir Pekan

Bogor Jawa Barat mempunyai banyak pilihan destinasi menarik yang bisa kita kunjungi. Mulai dari tempat rekreasi, tempat kuliner, dan juga wahana permainan bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga.

Uji Coba Lalu Lintas Kemayoran-GBK Akan Dilakukan Menjelang Asian Games

Dengan jumlah yang besar dan jadwal pertandingan yang padat pada bulan Agustus tahun depan mendatang, tuan rumah diminta untuk menyiapkan transportasi serta lalu lintas yang lancar.

Inilah 5 Asupan yang Baik Jika Dikonsumsi Ketika Haid

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum 5 makanan yang baik jika kamu konsumsi ketika haid

Presiden Jokowi: Untuk Urusan Narkoba dan Obat Terlarang Kita Harus Kejam!

Jokowi mengatakan penyalahgunaan obat-obatan illegal tidak bisa dianggap sebagai angin lalu saja. Jokowi menggambarkannya seperti puncak gunung es yang hanya nampak di permukaan saja.

Tren Pamer Tulang di Sosmed, Mengancam Gangguan Pola Makan

Media sosial, khususnya Instagram, beberapa waktu lalu pernah diramaikan dengan tren pamer tubuh kurus hingga tulangnya kelihatan. Belakangan, tren ini dianggap semakin mengkhawatirkan.

Serangan Bom ke Masjidil Haram Berhasil Digagalkan, Pelaku Sudah Diamankan

Penyerangan yang akan dilakukan di Mekkah, Arab Saudi berhasil digagalkan. lima orang yang diduga pelaku sudah dibekukan petugas keamanan Arab Saudi

Presiden Joko WIdodo Memperingati Hari Anak Nasional Dengan Atraksi Sulap

Bapak Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana ikut memeriahkan Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli 2017 kali ini berlangsung sangat meriah di Pekanbaru, Riau. Dimana Simak kisahnya berikut ini....

Akibat Fatal Karena Menatap Matahari Secara Langsung Selama 1 Menit

Janganlah Anda sekali-kali melihat ke arah Matahari yang sedang bersinar terik dengan mata telanjangm karena itu bisa membuat pandangan kabur, itu adalah hal yang sangat fatal jika dilakukan.

Batik Indonesia Menjadi Pusat Perhatian di Luar Negeri

Kita mungkin hanya tahu batik itu mempunyai pola yang sama dalam sebuah kain dan menganggap bahwa itu hanya batik yang biasa saja. Tapi tidak di luar negeri, di Thailand misalnya.

Beberapa Bahan Yang Bisa Bermanfaat Bagi Perawatan Untuk Bibir yang Indah

Bibir yang terlihat hitam dan tidak enak dipandang, berikut ini Panggung Berita akan mengulas bagaimana cara mencerahkan bibir dengan menggunakan bahan alami.

Cap Go Meh Bogor Street Festival 2017 Akan Berlangsung 11 Februari

Kementrian Pariwisata saat ini sedang mempersiapkan gelaran budaya Cap Go Meh (CGM) Bogor Street Festival yang akan dilaksanakan pada 11 Februari 2017.

Berbagai Wisata di Indonesia

Apakah kalian pernah berlibur ke luar negeri atau ke negeri sendiri? Di negeri kita sendiri pun terdapat banyak tempat wisata yang menarik dan bagus. Oleh demikian kita tidak perlu ....

4 Alasan Kenapa Anda Harus Stop Minum Soft Drink

Soft drink sering sekali dipilih untuk mengatasi rasa haus. Padahal, soft drink mengandung gula serta bahan pengawet yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bagi tubuh.

Mengenang Perjalanan Panjang TNI dari Museum dan Monumen

Bukti heroisme TNI juga ada di Surabaya. Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memang mengalami banyak peristiwa bersejarah menyangkut keberadaan TNI.

Syahrini dan Selebgram Lainnya Kena Pajak Apa Saja ya?

Untuk para selebgram diwajibkan untuk mengisi SPT Tahunan dengan cara melaporkan seluruh penghasilan yang diterimanya dalam setahun.

Megawati Pilih Gus Ipul untuk Diusung di Pilkada Jatim

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah memilih Saifullah Yusuf atau Gus Ipul untuk diusung pada Pilkada Jawa Timur.

Virus Yellow Fever yang Mematikan Secara Resmi Berakhir

World Health Organization menyatakan bahwa secara resmi, Yellow Fever yang terjadi di Angola berakhir setelah dalam enam bulan ini tidak terdapat kasus demam kuning di negara tersebut.

Dewan Disiplin kasus doping Menunggu Persetujuan dari Menpora

Hal itu dinyatakan oleh Gatot S. Dewa Broto selaku Deputi IV dibidang Peningkatan Prestasi Kementrian Olahraga sekaligus sebagai Kepala Komunikasi Publik, pada hari Selasa, 10 Januari 2017.

Goat Yoga Jadi Solusi Populer Untuk Hadapi Depresi dan Kanker

Ini adalah kosep yoga terunik yang menjadi paling populer sejak pertama kali pemilik sebuah peternakan yang berada di Albany, Oregon, Amerika Serikat yang bernama Lainey Morse..

Gadis Kecil Ini Kantongi Omzet Rp 50 juta Dari Bisnis Slime

Menjalani bisnis tidak mengenal usia. Siapapun bisa berbisnis, baik itu tua ataupun muda, mempunyai kesempatan untuk mewujudkan ide bisnisnya.

Bahaya Duduk Terlalu Lama yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah beberapa bahaya yang perlu kamu waspadai bila terlalu lama duduk. Tentu pola hidup yang tidak sehat juga akan sangat memberikan pengaruh yang tidak baik bagi tubuh.

Suka Makan? Konsumsilah Makanan Ini Tanpa Takut Gendut

Bagi sebagian orang yang sedang diet, menghadapi makanan adalah hal yang cukup menyiksa. tapi jangan khawatir, dibawah ini ada daftar makanan yang bisa Anda makan tanpa harus takut gendut.

Gugurnya Seorang Prajurit TNI Ketika Bertugas

Seorang prajurtit TNI yang gugur ketika sedang bertugas dimana ketika ia bertugas, ia harus meninggalkan anaknya yang masih belia ditambah lagi ia belum sempat bertemu dengan anak keduanya.

Liburan Raja Salman ke Bali

Menyamar Jadi Warga Brunei, Pria Ini Menipu Wanita di Kuningan City

Kedua pelaku biasanya mencari korban di pusat-pusat perbelanjaan. Kedua tersangka yang berpura-pura menjadi warga Brunei Darussalam itu menakuti korbannya dengan penyakit.

Putra Bungsu Bapak Presiden Joko Widodo Dilaporkan ke Polisi

Dimana dalam video itu, Kaesang menyampaikan kritik adanya intoleransi dan praktik nepotisme, dimana waktu awal video Kaesang meminta proyek di pemerintahan kepada bapaknya.

Kronologi Penyelamatan 2 Bocah Korban Banjir Jakarta Barat

Bunyamin, anak berusia 4 tahun itu baru saja dikuburkan bersama adiknya, Yusa yang berusia 2 tahun, mereka menjadi korban dari banjir yang melanda di Jakarta Barat.

Hindari Maag Bagi Anda yang Sibuk Bekerja

Terlalu sibuk dengan pekerjaan bisa membuat seseorang melupakan banyak hal, termasuk juga lupa makan. Biasanya hal y seperti itulah yang bisa memicu maag.

Dijuluki Manusia Pohon, Ia Kembali Dapatkan Tangannya Kembali Seusai Operasi

Pria asal Bangladesh yang berumur 26 tahun tersebut memutuskan untuk berkonsultasi dengan dukun dan ahli herbal di desa yang memberinya ramuan obat-obatan.

Bolehkah Memakan Tempe Setiap Hari?

Tempe ini merupakan makanan yang berasal dari produk kedelai dengan jumlah isoflavon yang tinggi sehingga mempunyai efek anti inflamasi dan bahkan anti tumor serta juga sangat baik untuk di konsumsi.

Candi Borobudur akan Mendapatkan Gelar Baru dari UNESCO

Candi Borobudur akan segera mendapatkan gelar terbarunya dari UNESCO sebagai Memory of the World pada akhir bulan Oktober atau di awal bulan November 2017.

Berita Popular