Makna Budaya Petasan Serta Kepercayaan Mistis di Betawi


Siapa yang tidak tahu dengan “petasan”. Ya! Benda yang bisa meledak ini telah menjadi budaya suku Betawi. Budaya petasan ini, konon budaya ini muncul karena sepinya kota Jakarta pada tahun 1940 sampai 1950.

Pemukiman masyarakat Jakarta pada saat itu sangatlah jarang. Satu kampung hanya dihuni sekitar enam atau tujuh rumah saja, biasanya itu juga masih sanak keluarga.

Jarak antar satu kampung ke kampung lainnya itu sekitar satu sampai dua kilometer, dan juga seterusnya. Lingkungan kampung juga masih dikelilingi oleh hutan lebat.

“Di sekeliling kampung yang masih hijau royo-royo dengan ditumbuhi pepohonan buah-buahan seperti mangga, rambutan hingga salak,” kalimat di buku ‘Kisah Betawi Tempo Doeloe: Robin Hood Betawi, dikutip pada hari Kamis, 13 April 2017.

Sungai di Jakarta pada masa itu pun airnya masih jernih. Semua penduduk Betawi bisa mencuci, mandi, wudhu dan juga mengambil airnya untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Kalaupun ada penduduk yang ingin mengadakan hajatan seperti khitanan, menikahkan anak, naik haji, Maulid Nabi, sampai Isra Mi’raj, mereka biasanya akan mengundang penduduk kampung yang lain.

Maka untuk itulah penduduk Betawi pada zaman dulu menyalakan petasan rencengan yang panjang supaya penduduk lainnya mendengar kalau adanya hajatan atau acara. Mereka tidak perlu lagi untuk mengundang secara langsung kerumah penduduk, karena penduduk satu persatu pasti akan datang setelah mendengan suara petasan yang dinyalakan sebelumnya.

Irwan Syafi’ie selaku Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dalambuku tersebut mengatakan, banyaknya petasan yang dipasang itu menunjukan status sosial orang tersebut.

“Semakin banyak memasang petasan, maka ia makin mendapat pujian,” ucap Irwan dalam buku.

Sama seperti sekarang ini, saat itu juga ada dua jenis petasan, yaitu petasan impor dan petasan lokal. Petasan impor berasal dari negara sakura, Jepang. Pada masa pendudukan Belanda, petasan yang berasal dari Jepang banyak dipasarkan di Glodok, Tana Abang, Mester atau Jatinegara dan juga Pasar Senen. Sedangkan kalau petasan lokal dibuat di Parung, Kabupaten Bogor, oleh perusahaan keluarga yang sudah turun-temurun.

Dilihat dari kualitasnya memang petasan impor suaranya lebih keras dan nyaring dibandingkan dengan petasan lokal (Parung). Warga lebih bangga kalau menggunakan petasan impor.

Menurut Irwan, bagi warga Betawi, petasan biasanya digunakan untuk membangunkan orang saat sahur di bulan Ramadhan. Namun sayangnya, bunyi petasan itu tidak hanya membangunkan orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Sedangkan, warga Betawi membunyikan petasan pada saat Lebaran sebagai ungkapan kegembiraan, setelah melaksanakan rukun Islam keempat selama satu bulan penuh.

Tapi, sekarang menyalakan petasan sudah dianggap sebagai perbuatan yang mubazir atau pemborosan. Bahkan, sekarang dilarang karena sering memakan korban dan juga sering dipakai untuk tawuran.

Guna Mengusir Roh Halus

Petasan awalnya datang dari Tiongkok. Kebudayaan ini dibawa oleh imigran Tiongkok yang datang ke Batavia saat masa kolonial atau pada abad ke-18.

Warga Tiongkok pada masa itu merupakan 30% dari penduduk Batavia yang berjumlah sekitar 50 ribu jiwa. Sejak awal masa penjajahan, para gubernur jendral VOC sangat membutuhkan tenaga kerja untuk pembangunan Batavia.

Warga Tiongkok di mata Belanda dinilai sebagai pekerja keras, ulet, dan juga pantang menyerah. Warga Tiongkok juga tetap  mempertahankan kebudayaannya, mulai dari bermain judi, kebiasaan minum arak, dan juga memasang petasan.

Penduduk Tiongkok mempercayai petasan bisa mengusir roh halus seperti jin, iblis atau setan. Konon dulu di daratan China terjangkit wabah penyakit yang mematikan. Wabah tersebut menjalar sangat cepat sampai memakan korban.

Mereka percaya kalau wabah itu berasal dari ulah roh halus. Untuk mengusirnya, penduduk Tiongkok kemudian memukul benda-benda yang bersuara nyaring seperti gendang, seng dan tambur.

Lambat laun berkembang, dan terciptalah petasan dari bermacam jenis, seperti yang bisa dilempar, tujuannya adalah untuk mengusir roh halus. Dan akhirnya kebudayaan ini kemudian dibawa imigran Tiongkok ke Batavia.


Bagikan


Jelang-Pernikahan-KahiyangBobby-Presiden-Jokowi-Memasang-Bleketepe

Jelang Pernikahan Kahiyang&Bobby, Presiden Jokowi Memasang Bleketepe

Ajang-Tahunan-ini-Buktikan-Tasikmalaya-Siap-Menjadi-Destinasi-Kreatif

Ajang Tahunan ini Buktikan Tasikmalaya Siap Menjadi Destinasi Kreatif

Keren-WHO-Pajang-Batik-Khas-Banyumas-Bermotif-Virus-Flu-di-Swiss

Keren! WHO Pajang Batik Khas Banyumas Bermotif Virus Flu di Swiss

Padukan-Biola-dengan-Songket-Cara-Mempromosikan-Budaya-Indonesia-di-AS-ala-Tengku-Ryo

Padukan Biola dengan Songket Cara Mempromosikan Budaya Indonesia di AS ala Tengku Ryo

Batik-Tidak-Kalah-Saing-dengan-Pakaian-Impor-yang-Merajalela-di-Indonesia

Batik Tidak Kalah Saing dengan Pakaian Impor yang Merajalela di Indonesia

Mengenang-Benyamin-Sueb-Teater-Abang-None-Gelar-Pementasan

Mengenang Benyamin Sueb, Teater Abang None Gelar Pementasan

Kuliner-Khas-Indonesia-Siap-Menggoyang-Lidah-Australia-di-Spring-Festival

Kuliner Khas Indonesia Siap Menggoyang Lidah Australia di Spring Festival

Tari-Sodoran-dari-Lengger-yang-Bermakna-Lahirnya-Manusia-ke-Bumi

Tari Sodoran dari Lengger yang Bermakna Lahirnya Manusia ke Bumi

News Feed


Kisah Dibalik Meninggalnya Rosita Pemilik Tabungan 42 Juta

Laporan ini didapat dari warga, polisi langsung mendatangi tempat kejadian perkara. Rosita ditemukan meninggal dunia didalam kamarnya pada Jumat pagi (28/7/2017). Simak kelanjutannya berikut ini......

Berkunjung ke Kota Solo Tidak Lengkap Bila Tidak Mencicipi 5 Kuliner Khas Solo

Kuliner di kota Solo begitu beraneka ragam, tidak hanya jenisnya yang banyak, tetapi rasanya pun tidak perlu diragukan kembali.

Bake Cheese Tart, Kuliner Keju Jepang Telah Hadir di Indonesia

Sejak didirikan pada tahun 2014, Bake Cheese Tart sudah berhasil menjual sebanyak 35.000.000 tart keju dalam kurun waktu setahun di seluruh gerainya.

Sering Meninggalkan Botol Minum di Mobil? Ini Bahaya yang Akan Mengintai!

Ternyata botol minum berbahan plastik ini, dibuat dengan berbagai campuran bahan kimia. Otomatis bila dikonsumsi secara langsung, bahan kimia itulah yang akan membahayakan kesehatan tubuhmu.

Sari Rezita, Gadis Asal Aceh Berusia 24 Tahun Ini Seperti Balita

Sari rezita Ariyanti adalah seorang perempuan asal Aceh yang memiliki tubuh seperti balita, meskipun saat ini ia telah berumur 24 tahun tetapi ia hanya memiliki berat sebesar 20kg dan tingginya 87cm..

Pilih Olahraga di Tempat Gym atau Rumah? Bandingkan Keuntungannya

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum keuntungan olahraga di tempat gym dan keuntungan berolahraga di rumah serta kekurangan berolahraga di rumah.

Anies Akan Tetap Terima Aduan Warga Jakarta di Balai Kota

Anies Baswedan akan tetap terima pengaduan warga Jakarta dan pengaduan juga akan di aktifkan diseluruh aparatur Kota Jakarta.

Fenomena Langit yang Akan Menghiasi Langit Indonesia di Tahun 2017

Dan peristiwa langka seperti ini tentu saja akan menjadi momen yang di tunggu oleh banyak masyarakat, dan terutama bagi anda yang mempunyai hobi fotografi dan traveling.

Jurus Google Hadapi Penyebaran Malware di Android

Google selaku pemilik sistem operasi robot hijau ini tidak tinggal diam dalam menangani ancaman malware. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut mempunyai sejumlah 'jurus' jitu.

Hilangnya Siswi SMA Setelah Naik Ojek Online

Seorang siswi SMA Jurusan IPS di Jawa Barat dikabarkan menghilang setelah menaiki ojek online, proses pencarian anak itupun masih berlangsung sampai sekarang.

Pariwisata Unggulan Indonesia Unjuk Gigi di Arab Saudi

Saat ini pariwisata unggulan dari Indonesia menampilkan performance terbaiknya di Arab Saudi, dimana Indonesia menjadi peserta kehormatan di ajang pariwisata ini. Yuk simak beritanya!

Perempuan dan Anak-anak Pun ikut Serta Dalam Pertempuran Di Marawi

Setelah hari yang ke-106 pertempuran antara pemberontak maute dengan militer Filipina (AFP) masih terus berlangsung. Dari pihak AFP Mengatakan, perang ini mungkin akan terus berlangsung.

Seorang Ayah Tanpa Kaki dan Hanya Memiliki Satu Tangan Berjuang Keras Demi Para Buah Hatinya

Kecelakaan itu merubah segalanya, aktivitas Agus berubah seketika. Saat itu ia begitu terpukul atas kejadian yang telah menimpanya. Ia tidak menerima dirinya yang hanya memiliki satu tangan...

Bahaya Mandi Air Hangat di Cuaca Dingin

Inilah bahaya-bahaya yang belum Anda ketahui saat Anda sering mandi menggunakan air hangat ketika cuaca sedang dingin, berikut penjelasannya...

Kebiasaan Ngopi Buat Kita Ingin Makanan Manis

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Cornell, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat memicu kita untuk mengkonsumsi sesuatu yang terasa manis.

Rayakan Valentine di Pulau Cinta Tercantik di Dunia

Romantis bersama pasanganmu? Tempat inilah tempat terbaik untuk merayakan momen valentine sambil menikmati pemandangan indah di dunia!

Jelang Nikah, Ini yang Dirasakan Calon Pengantin seperti Kahiyang

Bagi Anda calon pengantin seperti Kahiyang Ayu sebelumnya, berikut ini Panggung Berita telah merangkum perasaan yang biasanya di alami menjelang hari pernikahan.

Kisah Tragis di Balik Lagu Gong Xi Gong Xi

Ada sebuah lagu yang paling populer yang sering dinyanyikan saat perayaan tahun baru Imlek, lagu tersebut berjudul “Gong Xi Gong Xi”.

Pantai Bersih dan Putih, Yuk Intip Pesona dan Keindahan Maldives!

Siapa yang tidak tahu Maldives? Memang pesonanya sudah dikenal oleh dunia pariwisata. Daya tarik laut dan pantainya memang begitu mempesona. Dimana pasirnya yang dominan berwarna putih. Keren!!

Cicipi 4 Kuliner Bercita Rasa Pedas Jika Berkunjung Ke Yogyakarta

ogyakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, karena beragam wisata dan kuliner yang menarik.

Padukan Biola dengan Songket Cara Mempromosikan Budaya Indonesia di AS ala Tengku Ryo

Tengku Ryo, Maestro Biola Indonesia, belum lama ini ia berhasil memikat warga internasioanl lewat penampilannya pada ajang tahunan Couture Fashion Week di New York.

3 Kebiasan Buruk yang Menjadi Penyebab Ketombe

Munculnya ketombe bukanlah suatu masalah yang di sebabkan dari lahir. Tetapi munculnya ketombe di kepala rambut sering di akibatkan oleh suatu kebiasaan dari perawatan rambut yang salah..

Rumah di Film Pengabdi Setan Sekarang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Berdasarkan pantauan Panggung Berita, kebanyakan pengunjung yang datang kerumah tua tersebut hanya untuk selfie di suatu ruangan dan sudut yang ada di dalam dan luar rumah tersebut.

Djarot Minta agar RS Mitra Keluarga Kalideres Dievaluasi Lagi

surat izin RS Mitra Keluarga Kalideres Jakarta Barat belum dicek oleh Djarot, apakah itu surat dikeluarkan dari Pemprov atau dari pusat. Djarot kemudian ingin memeriksanya.

Temui Presiden Jokowi di Istana, Anies Minta Arahan Memimpin Jakarta

Pada sebelumnya Seskab Pramono Anung pernah mengatakan apabila Presiden Jokowi memanggil Anies-Sandi , maka akan membicarakan program yang berurusan dengan pemerintah pusat dengan DKI Jakarta.

Bahaya Duduk Terlalu Lama yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah beberapa bahaya yang perlu kamu waspadai bila terlalu lama duduk. Tentu pola hidup yang tidak sehat juga akan sangat memberikan pengaruh yang tidak baik bagi tubuh.

Gelagat Aneh Mussakir Sarira Sebelum Tewas Ditusuk

salah satu kerabat dekat dari Mussakir Sarira menyatakan ada hal yang mencurigakan saat kasus penikaman itu terjadi. Pada saat itu, Mussakir Sarira ternyata berada di kamar mandi.

Uang Baru yang Diduga Berlogo Palu Arit Jadi Buruan Warga Papua

Warga Papua sama sekali tidak terhasut isu hoax. Mereka warga yang cerdas. Walaupun dari sejumlah sosialisasi banyak yang menanyakan tentang isu tersebut, malah ada juga yang memberikan masukan.

Partai Gerindra Kembali Mengusung Prabowo Sebagai Capres 2019

Saat tim kami meminta konfirmasi tentang seputar hal tersebut kepada Ahamd Muzani selaku Sekjen Partai Gerinda, ia mengatakan kalu partai Gerindra masih memilih waktu yang cocok untuk mengumumkannya.

Ayam Jago pada Mangkuk Legendaris Makin Populer, Produsen Beri Peringatan!

Siapa yang tidak tahu dengan lukisan ayam yang ada dimangkuk di gambar? ternayata mangkuk ini tidak boleh diperbanyak sembarangan, karena ada hak ciptanya.

Yuk Kenali Alergi Ini Pada Anak!

Perlu kita perhatikan reaksi tubuh anak apabila ada ketidakcocokan terhadap makanan tertentu, reaksi tubuh bisa bermacam-macam seperti gatal-gatal. Kenali alergi pada anak disini. Simak kelanjutannya.

Punya Hobi Traveling? Inilah Pekerjaan yang Cocok untuk Anda

Apakah Anda mempunyai hobi traveling dan memiliki bakat untuk menemukan tempat-tempat yang unik di berbagai belahan dunia? Jika benar, Anda dapat mencoba melamar untuk pekerjaan yang satu ini.

Gerhana Bulan Yang Terlihat Jelas di Langit Indonesia

LAPAN atau Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional mengumumkan akan terjadi gerhana bulan sebagian atau disebut Penumbra pada malam ini (9/08/2017) akan terlihat jelas di atas langit Indonesia.

Orang Inggris Saat Ini Lebih Suka Kopi daripada Teh, Kenapa Ya?

Minum teh bagi orang Inggris sudah menjadi budaya, karenanya mereka mengenal ‘Afternoon Tea’ yang sudah menjadi tradisi selama berabad-abad lamanya.

Garuda Nusantara Pesta Gol ke Gawang Brunei

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia U-19 untuk sementara menguasai klasemen di Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Astronom Temukan Exoplanet Dengan Suhu Terpanas 2.000 Derajat Celsius

Berbeda dengan exoplanet yang lainnya, WASP-19b terbilang mempunyai karakter cukup unik dan 'buas'. Karena, kandungan atmosfernya berisikan titanium dioksida.

Mengantisipasi Perampokan, Jam Malam Diterapkan di Houston

Penerapan jam malam di Houston telah diterapkan untuk mengantisipasi dampak sosial dan mencegah perampokan maupun penjarahan akibat badai Harvey yang melanda kawasan tersebut.

Nota Pembelaan Fidelis yang Menguras Air Mata

Nota itu dibacakan di depan majelis hakim dan seluruh pengunjung yang hadir di persidangan. Pleidoi tersebut ditulis oleh Arie sendiri selama berada di tahanan sejak 19 Februari 2017. Simak kisahnya..

PS TNI Siap Tempur Mengahadapi Persija Jakarta

Rudy Eka Priyambada tetap optimis bisa membawa pulang tiga point saat menghadapi skuat Macan Kemayoran nanti malam, Sabtu (30/09/2017).

Go-Jek Ingin Go-Pay Semakin Banyak Pengguna

Aplikasi ojek online ini tidak ingin berhenti sampai di situ, Go-Jek juga berambisi untuk terus menambahkan jumlah pengguna Go-Pay. Aplikasi ojek online ini tidak ingin berhenti sampai ...

Kuliner-Kuliner Legendaris dari Salatiga

Berikut ini adalah kuliner-kuliner yang sangat legendaris Salatiga yang dapat Anda masukkan ke dalam menu sarapan pagi sampai makan malam.

Bahaya Kurang Minum Air Putih yang Harus Kamu Ketahui

Banyak orang yang jarang sekali minum air putih, padahal tubuh manusia sangat memerlukan air putih untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga banyak sekali orang-orang yang belum mengetahui dampaknya.

Jelang Pernikahan Kahiyang&Bobby, Presiden Jokowi Memasang Bleketepe

Esok hari, Rabu, 8 November 2017, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu akan melepas masa lajangnya bersama sang kekasih, Bobby Nasution.

Ingin Berwisata Kemah? Coba di Lampung Timur Saja!

Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas ini mempunyai luas sebesar 12.562.130 hektar. Dimana pusat konservasi gajah ini begitu menarik dan memikat hati para pengunjuung yang datang.

Membanggakan! Wisata Indonesia Mendapat Dua Juara dari Dive Magazine

Dive Magazine baru saja merilis hasil voting online mengenai destinasi bawah laut serta dive center terbaik di dunia. Dan hasilnya Indonesia kembali dinobatkan sebagai yang terbaik.

Aksi Heroik Seorang Guru Segera Panjat Tiang Ketika Melihat Bendera Indonesia Dipasang Terbalik

Kejadian yang serupa juga terjadi dan diperhatikan oleh salah satu guru dari SMK Negri 1 Cibinong saat sedang mengadakan kunjugan ke Lampang Technical College Thailand. Simak disini!

Djarot Memanggil Kadishub DKI Untuk Bahas Pembatasan Motor

Pembatasan untuk kendaraan roda dua masih dipertimbangkan durasi penerapannya. Djarot tidak setuju apabila pembatasan tersebut diberlakukan pada pukul 06.00 sampai 22.00 WIB.

Federer dan Wawrinka Berebut Tiket Final

Federer dan Wawrinka berebut tiket final, yang merupakan kompatriotnya. Untuk melawan Federer bukanlah tugas yang mudah untuk Wawrinka. Berikut kisahnya...

Sinar Surga di Goa Jombang Gunungkidul

Gua Jombang 1dari 13 geosite yang ada di gunungsewu yang terletak di Gunungkidul. Pemkab Gunungkidul dan pengelola berusaha untuk menjaga kelestarian ekosistem sehingga bisa menjadi destinasi wisata

Persiapan Uruguay Mengekspor Minyak Ganja Medis ke Luar Negeri

International Cannabis Corporation selaku penyedia ganja medis dari Uruguay, siap untuk mengekspor minyak ganja medis mereka ke Meksiko dan Kanada pada akhir tahun ini.

Berita Popular