Mengerikan, Inilah Cerita Saksi Mata di Balik Ledakan Keras Pabrik Petasan Kosambi


Panggung Berita - Ledakan pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang, merenggut sebanyak 47 nyawa dan melukai puluhan orang. Peristiwa mengerikan itu menyisakan trauma mendalam dan tanda tanya besar. 

Ledakan yang disusul oleh kebakaran hebat terjadi pada Kamis 26 Oktober 2017 sekitar pukul 09.00 WIB. Suara ledakan yang menggelegar bagaikan bom dan membuat orang panik berlarian untuk menyelamatkan diri.

Agus, yang merupakan seorang saksi mata menceritakan kejadian tersebut yang membuat dirinya syok. Sopir truk ini hanya berada sekitar 10 meter dari gerbang pabrik maut tersebut.

Saat itu, Agus sedang bersantai dengan sejumlah anggota Brimob di dekat lokasi kebakaran. "Itu ledakannya sangat keras sekali kayak bom. Saking kerasnya ledakan itu, saya sama beberapa Brimob sampai tiarap," ujar Agus.

Api kemudian berkobar dan asap hitam mengepul dari gudang petasan tersebut. Lalu terjadi beberapa ledakan susulan, namun lebih kecil suaranya.

Tidak lama kemudian, pegawai yang berada di dalam gudang tersebut berlarian keluar menyelamatkan diri. Beberapa pegawai yang berlari dalam kondisi tubuh terbakar. Suasana sangat mencekam. "Orang-orang pada teriak. Terus gak lama keluar ibu-ibu udah habis pakaiannya. Dia ditolong sama Brimob. Saya shock melihatnya," imbuh Agus.

Ledakan keras itu juga membuat panik siswa siswi SMPN 1 Kosambi yang berjarang 10 meter pabrik. Bangunan antar sekolah dan pabrik hanya dipisahkan oleh jalan yang tidak begitu lebar.

"Kaget, lihat asap warnanya oranye. Anak-anak sekolah kabur karena ledakan," cerita saksi mata, Rio Dwi, siswa SMPN 1 Kosambi.

Rio menceritakan ledakan yang muncul bersuara sangat keras. Saat itu, siswa di kelas lain pun ikut keluar dari kelas tanpa adanya instruksi dari guru.

Kesaksian lainnya juga disampaikan oleh Bharatu Brimob Polda Kalbar, Armansyah. Saat terdengar suara ledakan, anggota Brimob tersebut langsung bersigap membantu korban yang masih terjebak di dalam pabrik.

"Awalnya sih kita abis selesai apel pagi rencananya mau patroli. Jadi pas patroli menunggu yang mau ngawal kita, kita menaruh barang di atas. Pas lagi naruh barang di atas, lihat jendela, di tengah meledak," ujar Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya berniat untuk menjebol salah satu dinding pabrik. Namun hal itu tidak jadi karena ada mesin ganset di balik temboknya. "Lalu turun kami semua kan, kami membantu evakuasi selamatkan diri dari gudang ini, kami bantu. Pas tempat meledak, dinding itu saya mau jebol. Tapi ada yang teriak, 'Di situ gudang genset.' Jadi kami sama beberapa orang yang jebol dinding kembali ke depan," cerita Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya lekas berpindah ke bagian depan pabrik. Pada saat yang bersamaan, terlihat api di balik dinding yang ingin dijebol. "Karena diteriakin ada genset, nggak lama kembali keluar api kecil dari situ, kemudian ada ledakan, karena di situ adalah tempat karbit," imbuhnya.

Untuk menolong korban yang terjebak dalam kobaran api, personel Brimob kemudian menjebol tembok bagian belakang. Ada 10 personel Brimob yang menjebol tembok. "Pertama di tembok belakang, lalu jebol maju lagi. Ada sepuluh orang (yang jebol)," imbuhnya.

Tembok dijebol dengan menggunakan besi dan palu martil dari warga sekitar. ketika tembok bisa dijebol, korban laki-laki dan perempuan langsung berhamburan keluar. "Pakai besi bulat dan palu martil seadanya dari warga sekitar. Ada yang keluar perempuan dan laki-laki. Yang keluar di sini ibu-ibu. Kebanyakan korban yang terjebak karena api ada di tengah-tengah," jelasnya.

Kisah lain juga diutarakan oleh Kepala Desa Belimbing, Maskota. Dia mendengar suara teriakan dan gedor-gedor pintu ketika ada ledakan di pabrik petasan Kosambi. Maskota mengtakan para pekerja terkunci di dalam pabrik.

"Kalau lihat, mungkin mereka sudah terbiasa. Kalau pintu pabrik tidak dikunci mungkin banyak yang selamat. Mereka itu saat kejadian banyak yang teriak, gedor-gedor pintu," kata Maskota.

Maskota menjelaskan, akibat pintu yang terkunci dari dalam, banyak pegawai yang kesulitan keluar untuk menyelamatkan. Karena itu, para pekerja tidak bisa menyelamatkan dirinya dari ledakan di pabrik petasan tersebut. "Menurut informasi, karena pintu gerbang tertutup dan terkunci, terkunci juga dari dalam, jadi mereka tidak bisa selamatkan diri," jelasnya.

Maskota juga menjelaskan ledakan yang terjadi di pabrik petasan itu terasa hingga ke rumahnya. Rumah kepala desa itu berada sekitar 3 kilometer dari lokasi kejadian.

Sekarang, peristiwa ledakan yang telah menjadi sorotan dunia itu masih diselidiki oleh polisi. Polisi meminta sejumlah keterangan kepada pihak manajemen pabrik petasan yang meledak di Kosambi, Kota Tangerang. Manajer operasional pabrik tersebut langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih mendalam.

"Sementara ini manajer operasional pabriknya sudah kami bawa ke Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada Panggung Berita, Kamis 26 Oktober 2017.

Selain itu, Indra Liyono (40), yang diketahui sebagai pemilik pabrik petasan yang meledak di kawasan Pergudangan 99 Kosambi, Kota Tangerang, dimintai keterangan oleh polisi. Saat ini Indra masih diperiksa secara intensif di Polsek Teluk Naga.

"Pemilik pabrik sudah ada, sekarang masih diperiksa oleh penyidik Polres di Polsek Teluk Naga," jelas Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan.

Hingga saat ini terdata sudah ada 47 korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Sementara 46 korban yang mengalami luka dirawat di RSUD Tangerang, RSIA BUN dan RS Mitra Keluarga. Tim Forensik saat ini masih bekerja keras dalam mengidentifikasi jasad 47 korban.

Sementara itu, Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja (Menaker) segera mengecek apakah ada pelanggaran yang dilakukan pemilik pabrik itu terkait dengan ketenagakerjaan, termasuk dugaan mempekerjakan anak di bawah umur. "Saya sudah melihat beritanya dan langsung memerintahkan jajaran saya untuk menangani kasus itu," kata Hanif.


Baca Juga:

>> Aksi Curanmor Mencoreng Hari Santri Nasional di Garut

>> Sektor Industri Nasional Membutuhkan Dukungan Teknologi Terbaru


Bagikan


Penampilan-Novel-Baswedan-Tiba-di-Indonesia

Penampilan Novel Baswedan Tiba di Indonesia

Miris-3-Artis-Tanah-Air-Ini-Tertangkap-Akibat-Narkoba

Miris, 3 Artis Tanah Air Ini Tertangkap Akibat Narkoba

KNKT-Turun-Tangan-Usut-Kapal-Jetliner-Tabrak-Kantor-Syahbandar

KNKT Turun Tangan Usut Kapal Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar

Cerita-Kampung-China-di-Kotatua-Jakarta

Cerita Kampung China di Kotatua Jakarta

Kereta-Amtrak-Tabrak-Kereta-Barang-Puluhan-Penumpang-LukaLuka

Kereta Amtrak Tabrak Kereta Barang, Puluhan Penumpang Luka-Luka

Dua-Sungai-di-Brebes-Meluap-Ratusan-Rumah-Terendam-Banjir

Dua Sungai di Brebes Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Polisi-Ringkus-Pembunuh-Anak-Pemilik-Warung-di-Pasar-Rebo

Polisi Ringkus Pembunuh Anak Pemilik Warung di Pasar Rebo

Kecelakaan-terjadi-di-Tanjakan-Emen-

Kecelakaan terjadi di Tanjakan Emen

News Feed


Perampok Warung di Matraman Tewas Dihabisi oleh Korbannya

Perampokan yang terjadi di Kawasan Matraman, Jakarta Timur. Tapi, kali ini justru satu orang komplotan yang berniat buruk untuk menggasak harta warung sembako tewas dihabisi oleh korbannya.

Daftar Negara yang Menjual iPhone 7 Dengan Harga Termurah!

Apple sering menjual iPhone dengan harga yang berbeda-beda disetiap negara.

Peringati Hari Batik, Lenggak-lenggok Para Pedagang Batik Pasar Klewer bak Pragawati

Karpet merah terpasang memanjang untuk menutupi aspal di bagian tengah Jalan Radjiman yang terletak tepat di depan bangunan Pasar Klewer.

Campuran Bahan-bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Belang

Bahan-bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit belang dan gosong akibat paparan sinar matahri, simak dibawah ini.

Kasus e-KTP Yang Masih Dalam Proses Penyusutan

Saat ini kasus e-KTP sendiri masih dalam proses penyusutan dimana sidang juga masih terus berlangsung. Simak beritanya disini!

Olahraga Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan di Waktu Kosong

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga. Tentu saja saat kita melakukan olahraga itu akan mempengaruhi tubuh kita terutama untuk kesehatan badan kita.

Resep Sederhana Menjaga Kandungan Kemihmu!

Kandung kemih adalah organ yang sering dilupakan oleh sebagian orang, padahal peran kandung kemih ini sangat penting. Berikut ini Panggung Berita telah merangkum, tips agar kandung kemihmu tetap sehat

Makna Budaya Petasan Serta Kepercayaan Mistis di Betawi

Siapa yang tidak tahu dengan “petasan”. Ya! Benda yang bisa meledak ini telah menjadi budaya suku Betawi. Budaya petasan ini, konon budaya ini muncul karena sepinya kota Jakarta pada tahun 1940,

Pinta DPR: Pasca Kebakaran, Jangan Sampai Pasar Senen di Alih Fungsi Jadi Mal

DPR membukakan pintu untuk perwakilan pedagang korban kebaran Pasar Senen, Jakarta Pusat, untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya pasca kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu di Pasar Senen.

5 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin Kulit Cerah

5 makanan yang dapat mencerahkan, serta membuat kulit putih berseri

YLKI: Waspada Terhadap Mie Korea yang Diduga Mengandung Babi

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sejumlah mie instan asal Korea yang mengandung unsur babi seperti merek Samyang (dua varian) Nongsim dan Ottogi.

Kisah Tragis di Balik Lagu Gong Xi Gong Xi

Ada sebuah lagu yang paling populer yang sering dinyanyikan saat perayaan tahun baru Imlek, lagu tersebut berjudul “Gong Xi Gong Xi”.

Tempat Wisata Wajib Di Kunjungin Di Kota Semarang

Semarang, Jawa Tengah, daerah yang mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Semarang.

Jelang Nikah, Ini yang Dirasakan Calon Pengantin seperti Kahiyang

Bagi Anda calon pengantin seperti Kahiyang Ayu sebelumnya, berikut ini Panggung Berita telah merangkum perasaan yang biasanya di alami menjelang hari pernikahan.

CEO Microsoft, Bill Gates Sahamnya Tinggal 1%?

Seperti dugaan kebanyakan orang bahwa kebiasaan Gates mendonasikan kekayaanya akan membuat dia jatuh miskin, namun ternyata kenyataan yang terjadi akan membuatmu tercengang. Simak kisahnya yuk disini!

Hati-hati dengan Penipuan New Color for WhatsApp yang Bikin HP Anda Banjir Iklan

Waspada VIRUS Baru Di WhatssApp !!! Hati-hati dengan Penipuan New Color for WhatsApp yang Bikin HP Anda Banjir Iklan, kembali lagi diserang oleh scam melalui aplikasi pesan instan WhatsApp.

Pasukan TNI AU Melaksanakan latihan Atraksi Udara Jelang Peringatan HUT RI ke-72

Para pilot pesawat tempur pasukan TNI Angkatan Udara (TNI AU) saat ini sedang menjalani latihan udara. Latihan ini dilaksanakan sebagai pertunjukan udara untuk Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Syahrini dan Selebgram Lainnya Kena Pajak Apa Saja ya?

Untuk para selebgram diwajibkan untuk mengisi SPT Tahunan dengan cara melaporkan seluruh penghasilan yang diterimanya dalam setahun.

Semburan Lumpur Panas Bikin Heboh Warga Parungponteng Tasikmalaya

Warga Parungponteng Tasikmalaya, Jawa Barat dihebohkan dengan semburan lumpur panas yang sempat mencapai 10 meter. Semburan lumpur panas tersebut terjadi saat pengeboran air bersih.

Password Komputer Akan Menggunakan Detak Jantung Manusia

Sekelompok ilmuan dari Universitas Buffalo Amerika Serikat (AS) diketahui sedang mengembangkan metode password komputer dari detak jantung manusia.

7 Gadget yang Bikin Kamu Jadi Anak Kekinian

Jika ingin fotomu lebih sempurna, barang-barang yang digunakan juga harus lengkap serta ikut dengan perkembangannya.

5 Cara Ampuh untuk Mengatasi Emosi Anda

Emosi adalah salah satu cara seseorang mengekspresikan hal yang mereka tidak senangi. Tapi tidak semua hal harus dihadapi dengan emosi. Dibawah ini adalah cara ampuh untuk mengatasi emosi.

Black Tea, Teh Hitam yang Bisa Menangkal Obesitas

Meskipun teh ini berwarna hitam, ternyata teh ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh layaknya seperti teh hijau.

Manfaat Mandi Air Hangat Setelah Olahraga

Setelah melakukan aktivitas fisik seperti joging, ternyata otot akan pulih lebih cepat bila Anda mandi dengan menggunakan air hangat, tulis sebuah studi.

Megawati Soekarnoputri Dianugerahi Gelar Doktor Politik Pendidikan

Megawati Soekarnoputri dalam waktu dekat ini akan dianugrahi gelar doktor kehormatan bidang politik pendidikan oleh Unersitas Negeri Padang.

Pemahaman Keliru Soal Kasih Motor Kepada Anak di Bawah Umur

Fenomena orang tua yang memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih dibawah umur serta belum mempunyai surat izin mengemudi (SIM) adalah pemikiran yang salah.

Kasus Penyiksaan Bayi, Polisi Periksa Pemilik Panti Asuhan Maut

Di panti asuhan itu ada enam bayi yang ternyata kondisinya juga memprihatinkan. LPA menyarankan supaya dua panti jompo milik yayasan Tunas Bangsa tersebut dilakukan sidak.

Gugurnya Seorang Prajurit TNI Ketika Bertugas

Seorang prajurtit TNI yang gugur ketika sedang bertugas dimana ketika ia bertugas, ia harus meninggalkan anaknya yang masih belia ditambah lagi ia belum sempat bertemu dengan anak keduanya.

Ternyata Membacakan Dongeng Pada Anak Berdampak Positif

Tidak hanya untuk menghibur, banyak manfaat yang bisa didapat jika kamu membacakan dongeng sebelum anakmu tidur. Meskipun terdengar kuno, tetapi ternyata cara ini efektif loh.. SImak penjelasannya....

Djarot Menanggapi soal Anies Menilai Normalisasi Tidak Optimal

Banjir baru saja melanda di Jakarta, sedangkan Djarot Saiful Hidayat mengaku tidak takut apabila permasalahan ini menjadikan "senjata" yang menyerangnya sebagai pertahana dalam Pilkada mendatang.

Telur Hitam dari Owakudani Diyakini Bisa Perpanjang Usia Manusia

Walaupun telur ini bagian luarnya hitam, akan tetapi isinya tetap berwarna putih dan tengahnya tetap berwarna kuning dan ada semburat rasa smokey yang enak pada telur hitam ini.

Ternyata Ada Hunian Murah di Dekat Stasiun Tanjung Barat!

Saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Perum Perumnas telah membangun hunian yang berbasis transportasi dengan harga yang masih terjangkau dengan fasilitas yang nyaman. Tertarik membeli?

Hati-hati! 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah Anda

Asupan makanan sangat berkaitan erat dengan kadar gula darah. Salah dalam memilih makanan, bukan tidak mungkin kadar gula darah akan langsung naik.

Jadi Tuan Rumah Turnamen Piala Presiden, MU Punya Rekor Baik

Ajang perlombaan sepak bola Piala Presiden 2017 akan menjadi pertandingan pra musim yang sangat menarik. Sebab tim-tim peserta pertandingan ini mayoritas ambil bagian dengan persiapan yang minim.

Permintaan Aneh Dari Bocah-Bocah Gimbal di Acara Dieng Culture Festival 2017

Pelaksanaan acara Dieng Culture Festival tahun 2017, dipastikan ada sebanyak 9 anak yang akan dipotong rambutnya, kemungkinan memiliki permintaan yang aneh seperti tahun sebelumnya

4 Dari 10 Spot Diving Terbaik Asia Berada di Indonesia

Ternyata 4 dari 10 spot diving terbaik Asia, ternyata berada di Indonesia loh. Tidak hanya diakui di negaranya sendiri, keindahan tempat diving di Indonesia ini ternyata telah diakui di mancanegara...

Tips Sukses dari Chairul Tanjung untuk Para Pengusaha Wanita

Chairul Tanjung memberikan dukungannya untuk perempuan Indonesia agar bisa berpartisipasi dalam perekonomian nasional dengan lebih inovatif, kreatif dan punya jiwa berwirausaha atau eterpreneurship.

Hamil di Luar Nikah, Remaja Berusia 17 Tahun ini Nekat Bunuh Bayinya

Setelah DNA membunuh anaknya, remaja 17 tahun itu kemudian menyimpan bayinya di ember bekas cat. Ia mengaku tega membunuh anaknya itu lantaran takut ketahuan orangtuanya dan tidak kuat menahan malu.

Semangat Anak Usia 3 Tahun Mengikuti Marathon Walau Mengidap Kondisi Langka

Levi, anak berusia 3 tahun, ia terlahir dengan kelainan fisik bawaan yang membuat otot-ototnya lemah. Levi membuktikan kalau dirinya mempunyai semangat yang besar dan ia bisa menjadi inspirasi.

Makanan dan Minuman yang hits di tahun 2017

Makanan dan minuman yang hits di tahun 2017 dengan harga yang ekonomis diburu banyak orang

5 Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Ketika Kerja di Depan Komputer

Seharian berada diruang kerja dan bertatapan dengan komputer bisa memperburuk kesehatan. Di bawah ini adalah masalah kesehatan yang sering di derita karyawan kantor.

Jelang Pernikahan Kahiyang&Bobby, Presiden Jokowi Memasang Bleketepe

Esok hari, Rabu, 8 November 2017, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu akan melepas masa lajangnya bersama sang kekasih, Bobby Nasution.

Insiden di Jatim Park Yang Melukai Seorang Anak

Seekor anak harimau melukai seorang bocah perempuan di Jatim Park 2, Malang. Akibatnya anak itu mengalami luka-luka di bagian dada dan tengkuknya, berikut kisahnya..

Hujan Bikin Malas Berolahraga? Hati-hati Itu Jebakan

Ketika suhu tubuh menurun, maka sistem imun kita bisa lebih kurang efektif dari pada biasanya. Karena itulah kenapa setiap musim hujan orang-orang jadi lebih mudah terserang flu.

Alasan Cristiano Ronaldo Meminta Real Madrid Rekrut Dybala Ketimbang Kane

Cristiano Ronaldo menginginkan Paulo Dybala bergabung dengan klub Real Madrid. Dia berpikir Dybala akan menjadi pemain terbaik yang harus masuk dalam skuat Los Blancos.

Trampolin Sebagai Jenis Olahraga Baru di Indonesia

Jenis olahraga ini dinyatakan sebagai olahraga jenis terbaru di Indonesia, minat untuk mencobanya Sahabat Panggung Berita?

Kesadaran Orang Indonesia Menjaga Kesehatan Sangat Rendah

Meskes Nila Moeloek mengatakan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh masih sangatlah rendah. Masyarakat Indonesia yang menjaga kesehatannya hanya 17,6%

Upah Minimum Buruh di Bekasi dan Karawang Ditetapkan Menjadi Rp 3,9 Juta

UMK Kabupaten Karawang dan Kota Bekasi tercatat paling tinggi mencapai Rp 3,9 juta, bahkan di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta sebesar Rp 3,65 juta.

Selain Enak untuk Bumbu Masakan, Inilah 7 Manfaat Lain Dari Bawang Putih Bagi Kesehatan

Selain untuk menciptakan rasa enak pada makanan, ternyata bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, penasaran? Yuk simak!

Perampokan Sadis di SPBU Daan Mogot

Perampokan sadis yang terjadi di SPBU Jalan Daan Mogot, tepatnnya di SPBU Jembatan Gantung di Jl Raya Daan Mogot KM 12.

Berita Popular