Mengerikan, Inilah Cerita Saksi Mata di Balik Ledakan Keras Pabrik Petasan Kosambi


Panggung Berita - Ledakan pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang, merenggut sebanyak 47 nyawa dan melukai puluhan orang. Peristiwa mengerikan itu menyisakan trauma mendalam dan tanda tanya besar. 

Ledakan yang disusul oleh kebakaran hebat terjadi pada Kamis 26 Oktober 2017 sekitar pukul 09.00 WIB. Suara ledakan yang menggelegar bagaikan bom dan membuat orang panik berlarian untuk menyelamatkan diri.

Agus, yang merupakan seorang saksi mata menceritakan kejadian tersebut yang membuat dirinya syok. Sopir truk ini hanya berada sekitar 10 meter dari gerbang pabrik maut tersebut.

Saat itu, Agus sedang bersantai dengan sejumlah anggota Brimob di dekat lokasi kebakaran. "Itu ledakannya sangat keras sekali kayak bom. Saking kerasnya ledakan itu, saya sama beberapa Brimob sampai tiarap," ujar Agus.

Api kemudian berkobar dan asap hitam mengepul dari gudang petasan tersebut. Lalu terjadi beberapa ledakan susulan, namun lebih kecil suaranya.

Tidak lama kemudian, pegawai yang berada di dalam gudang tersebut berlarian keluar menyelamatkan diri. Beberapa pegawai yang berlari dalam kondisi tubuh terbakar. Suasana sangat mencekam. "Orang-orang pada teriak. Terus gak lama keluar ibu-ibu udah habis pakaiannya. Dia ditolong sama Brimob. Saya shock melihatnya," imbuh Agus.

Ledakan keras itu juga membuat panik siswa siswi SMPN 1 Kosambi yang berjarang 10 meter pabrik. Bangunan antar sekolah dan pabrik hanya dipisahkan oleh jalan yang tidak begitu lebar.

"Kaget, lihat asap warnanya oranye. Anak-anak sekolah kabur karena ledakan," cerita saksi mata, Rio Dwi, siswa SMPN 1 Kosambi.

Rio menceritakan ledakan yang muncul bersuara sangat keras. Saat itu, siswa di kelas lain pun ikut keluar dari kelas tanpa adanya instruksi dari guru.

Kesaksian lainnya juga disampaikan oleh Bharatu Brimob Polda Kalbar, Armansyah. Saat terdengar suara ledakan, anggota Brimob tersebut langsung bersigap membantu korban yang masih terjebak di dalam pabrik.

"Awalnya sih kita abis selesai apel pagi rencananya mau patroli. Jadi pas patroli menunggu yang mau ngawal kita, kita menaruh barang di atas. Pas lagi naruh barang di atas, lihat jendela, di tengah meledak," ujar Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya berniat untuk menjebol salah satu dinding pabrik. Namun hal itu tidak jadi karena ada mesin ganset di balik temboknya. "Lalu turun kami semua kan, kami membantu evakuasi selamatkan diri dari gudang ini, kami bantu. Pas tempat meledak, dinding itu saya mau jebol. Tapi ada yang teriak, 'Di situ gudang genset.' Jadi kami sama beberapa orang yang jebol dinding kembali ke depan," cerita Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya lekas berpindah ke bagian depan pabrik. Pada saat yang bersamaan, terlihat api di balik dinding yang ingin dijebol. "Karena diteriakin ada genset, nggak lama kembali keluar api kecil dari situ, kemudian ada ledakan, karena di situ adalah tempat karbit," imbuhnya.

Untuk menolong korban yang terjebak dalam kobaran api, personel Brimob kemudian menjebol tembok bagian belakang. Ada 10 personel Brimob yang menjebol tembok. "Pertama di tembok belakang, lalu jebol maju lagi. Ada sepuluh orang (yang jebol)," imbuhnya.

Tembok dijebol dengan menggunakan besi dan palu martil dari warga sekitar. ketika tembok bisa dijebol, korban laki-laki dan perempuan langsung berhamburan keluar. "Pakai besi bulat dan palu martil seadanya dari warga sekitar. Ada yang keluar perempuan dan laki-laki. Yang keluar di sini ibu-ibu. Kebanyakan korban yang terjebak karena api ada di tengah-tengah," jelasnya.

Kisah lain juga diutarakan oleh Kepala Desa Belimbing, Maskota. Dia mendengar suara teriakan dan gedor-gedor pintu ketika ada ledakan di pabrik petasan Kosambi. Maskota mengtakan para pekerja terkunci di dalam pabrik.

"Kalau lihat, mungkin mereka sudah terbiasa. Kalau pintu pabrik tidak dikunci mungkin banyak yang selamat. Mereka itu saat kejadian banyak yang teriak, gedor-gedor pintu," kata Maskota.

Maskota menjelaskan, akibat pintu yang terkunci dari dalam, banyak pegawai yang kesulitan keluar untuk menyelamatkan. Karena itu, para pekerja tidak bisa menyelamatkan dirinya dari ledakan di pabrik petasan tersebut. "Menurut informasi, karena pintu gerbang tertutup dan terkunci, terkunci juga dari dalam, jadi mereka tidak bisa selamatkan diri," jelasnya.

Maskota juga menjelaskan ledakan yang terjadi di pabrik petasan itu terasa hingga ke rumahnya. Rumah kepala desa itu berada sekitar 3 kilometer dari lokasi kejadian.

Sekarang, peristiwa ledakan yang telah menjadi sorotan dunia itu masih diselidiki oleh polisi. Polisi meminta sejumlah keterangan kepada pihak manajemen pabrik petasan yang meledak di Kosambi, Kota Tangerang. Manajer operasional pabrik tersebut langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih mendalam.

"Sementara ini manajer operasional pabriknya sudah kami bawa ke Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada Panggung Berita, Kamis 26 Oktober 2017.

Selain itu, Indra Liyono (40), yang diketahui sebagai pemilik pabrik petasan yang meledak di kawasan Pergudangan 99 Kosambi, Kota Tangerang, dimintai keterangan oleh polisi. Saat ini Indra masih diperiksa secara intensif di Polsek Teluk Naga.

"Pemilik pabrik sudah ada, sekarang masih diperiksa oleh penyidik Polres di Polsek Teluk Naga," jelas Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan.

Hingga saat ini terdata sudah ada 47 korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Sementara 46 korban yang mengalami luka dirawat di RSUD Tangerang, RSIA BUN dan RS Mitra Keluarga. Tim Forensik saat ini masih bekerja keras dalam mengidentifikasi jasad 47 korban.

Sementara itu, Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja (Menaker) segera mengecek apakah ada pelanggaran yang dilakukan pemilik pabrik itu terkait dengan ketenagakerjaan, termasuk dugaan mempekerjakan anak di bawah umur. "Saya sudah melihat beritanya dan langsung memerintahkan jajaran saya untuk menangani kasus itu," kata Hanif.


Baca Juga:

>> Aksi Curanmor Mencoreng Hari Santri Nasional di Garut

>> Sektor Industri Nasional Membutuhkan Dukungan Teknologi Terbaru


Bagikan


Pria-Asal-Karawang-Berbobot-310-kg-Meningal-Dunia

Pria Asal Karawang Berbobot 310 kg Meningal Dunia

Inilah-4-Nasihat-Presiden-Jokowi-untuk-Kahiyang-dan-Bobby

Inilah 4 Nasihat Presiden Jokowi untuk Kahiyang dan Bobby

Upah-Minimum-Buruh-di-Bekasi-dan-Karawang-Ditetapkan-Menjadi-Rp-39-Juta

Upah Minimum Buruh di Bekasi dan Karawang Ditetapkan Menjadi Rp 3,9 Juta

Apakah-Purapura-Sakit-Termasuk-Gangguan-Jiwa

Apakah Pura-pura Sakit Termasuk Gangguan Jiwa?

Jokowi-Ingin-Seluruh-Dunia-Tahu-Bahwa-Indonesia-Negara-Muslim-Terbesar

Jokowi Ingin Seluruh Dunia Tahu Bahwa Indonesia Negara Muslim Terbesar

JK-Minta-Setnov-Tidak-Lagi-Menghidar-Dari-Panggilan-KPK

JK Minta Setnov Tidak Lagi Menghidar Dari Panggilan KPK

Presiden-Jokowi-Jangan-Gadaikan-Sertifikat-ke-Rentenir

Presiden Jokowi: Jangan Gadaikan Sertifikat ke Rentenir!

Tidak-Hanya-Ancol-Anies-Juga-Akan-Gratiskan-Masuk-Museum

Tidak Hanya Ancol, Anies Juga Akan Gratiskan Masuk Museum

News Feed


Resep Sederhana Menjaga Kandungan Kemihmu!

Kandung kemih adalah organ yang sering dilupakan oleh sebagian orang, padahal peran kandung kemih ini sangat penting. Berikut ini Panggung Berita telah merangkum, tips agar kandung kemihmu tetap sehat

Bawaslu Minta Pemprov DKI Hapus Video Ahok, Inilah Alasannya

Bawaslu DKI Jakarta pernah meminta kepada pihak Pemprov DKI Jakarta untuk menurunkan video rapat serta kegiatan Ahok saat masih menjadi gubernur.

Kesadaran Orang Indonesia Menjaga Kesehatan Sangat Rendah

Meskes Nila Moeloek mengatakan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh masih sangatlah rendah. Masyarakat Indonesia yang menjaga kesehatannya hanya 17,6%

Terlalu Banyak Makan Kacang, 3 Hal Ini Akan Terjadi Pada Tubuh

Jika terlalu banyak kacang yang dimakan dalam sehari. Jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang lama, akan menimbulkan dampak buruk yang terjadi pada tubuh.

Sensasi Unik Makan Mie Ayam yang Mangkuknya Juga Bisa di Makan

Menyantap mie ayam mungkin sudah biasa, tapi kali ini ada yang sedikit berbeda dari mie ayam yang dijual di Yogyakarta, di kawasan Kota Baru ada yang menyajikan mie ayam yang mangkuknya bisa dimakan.

Banjir Terburuk di Thailand, 6 Warga Tewas

Salah satu dari pemilik Wisma di Pulau Samui bernama Tuula Fitzpatrick, mengatakan kalau banjir yang terjadi saat ini adalah banjir terburuk di pulau itu selama satu dekade lebih belakangan ini.

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Anda bisa membuat sendiri ramuan penghilang bau badan. Tidak memerlukan waktu yang lama, Anda juga bisa membuatnya dengan mudah di rumah.

Tips Menjaga Ketiak Yang Harus Kamu Ketahui

Panas dan juga lembab ketika musim panas bisa menjadi masalah pada kesehatan serta penampilan ketiak Anda.

Ternyata Tepung Maizena Bermanfaat Untuk 6 Hal Ini

Tepung maizena ini setidaknya mempunyai 6 manfaat dalam membuat penampilan lebih indah sampai membersihkan noda-noda pada baju dan gelas. Tertarik untuk mencobanya, kamu bisa simak selengkapnya disini

Simak 4 Tips Ini Untuk Pelari Pemula

Jika Anda juga tertarik untuk mencoba olahraga jenis ini namun sama sekali belum pernah menjajalnya, berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan.

Meniru Kebiasaan Orang Jepang agar Panjang Umur

Belum lama ini, pemerintah Jepang mengungkapkan untuk pertama kalinya tentang peningkatan jumlah penduduk lanjut usia.

Cara yang Tepat dan Sederhana untuk Membersihkan Ponsel

Oleh karena itu banyak penelitian yang menyatakan bahwa ponsel merupakan benda yang paling kotor dan sumber kuman terbanyak tanpa disadari.

Intip Momen Ketika Ronaldo Berakhir Pekan Dengan Keluarganya

Melalui media sosial, mega bintang dari Real Madrid itu mengunggah sebuah momen ketika ia menghabiskan waktu bersama dengan kekasihnya, Georgina Rodriguez dan tidak ketinggalan anak-anaknya.

Vokalis Band Linkin Park, Chester Bennington Tutup Usia

Kabar duka kembali datang dari vokalis Linkin Park, Chester Bennington diberitakan pada hari Kamis 20 Juli 2017 telah meninggal dunia. Chester Bennington ini dketahui tewas gantung diri di rumahnya.

Cara Terbaik Dalam Mengkonsumsi Buah-buahan

Buah ini dapat membantu kita menjaga kesehatan agar bebas dari berbagai masalah kesehatan selama dapat dinikmati sesuai dengan cara terbaiknya. Berikut ini beberapa cara terbaik mengkonsumsi buah:

Sumarsono: Ada yang Tidak Beres Dalam Perekrutan Pasukan Oranye Jakarta

Menurut Sumarsono, pelanggaran yang sekarang sedang terjadi di sebabkan karena adanya prosedur transisi perekrutan yang pada sebelumnya di laksanakan langsung oleh pihak Dinas Kebersihan.

Inilah Kisah Seorang Pak Ogah yang Berjuang Demi Menghidupi Kehidupannya

Suka duka pak ogah sendiri cukup banyak, seperti sampai tangannya patah karena terlindas mobil lalu ditangkap keparat kepolisian. Namun ia tidak menyerah, ia bekerja bersama 4 anak muda lainnya.

Joko Widodo Menyuguhkan Nasi Goreng untuk Para Menteri dalam Rapat Paripurna

Tidak hanya nasi goreng yang menemani Sidang Kabinet Paripurna hari ini, terlihat ada pedagang sate ayam dan sate kambing yang memang biasanya berjualan di sekitar Istana Kepresidenan Bogor.

Sambut Tahun Baru Imlek, Grebeg Sudiro di Solo Berlangsung Meriah

Grebeg Sudiro berlangsung sangat meriah. Pagelaran antara budaya Jawa dan budaya Tionghoa yang masuk ke dalam kalender event wisata di Solo ini di ramaikan oleh ribuan orang yang hadir di acara ini.

Fitsa Hats Merupakan Meme Terbaru di Awal Tahun yang Membuat Tertawa

Ahok calon gubernur DKI Jakarta sempat memberikan pernyataan kepada wartawan. Saat kesempatan itu, Ahok membicarakan kembali tentang sejumlah saksi yang didatangkan jaksa penuntut umum dalam sidang.

Tips Hemat Baterai Sesudah Update Menjadi iOS 11

Panggung Berita memiliki beberapa tips dalam mengatasi masalah tersebut pada gadgetmu pada sistem operasi baru iOS 11.

Menangis Menyehatkan Mata, Benarkah?

Saat kita menangis, ada sekitar 5 sampai 10 ons air mata yang keluar dari kelenjar air mata. Bahkan saat dalam keadaan tidak menangis saja mata juga dapat memproduksi air mata.

Bupati Petahana Galang Dukungan, akan Segera Merapat ke NasDem

Gus Irsyad sebenarnya sudah mempunyai dukungan yang lebih dari cukup untuk maju ke Pilgub Pasuruan 2018. PKB memiliki 12 kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan, dan bisa mengusung calonnya sendiri.

Inilah Pengakuan Fajar, Bocah dari Kendari yang Bertingkah Seperti Zombie

Dalam video yang berdurasi 4 menit 48 detik, bocah bernama Fajar menceritakan ketika dia pertama kali diberi obat PCC oleh orang yang tidak dikenal.

Polisi Masih Menelusuri Aset Bos First Travel yang di Duga Berpindah Tangan

Tim penyidik Breskrim Polri saat ini masih menelusuri aset-aset yang dimiliki bos First Travel yang diduga telah berpindah tangan

Salaman Tangan Pertama Presiden Donald Trump Dengan Mantan Rivalnya Hillary Clinton

Ketika saat acara makan malam yang di gelar di Union Station pada Kamis malam, Donald Trump menyinggung tentang rencana tim kampanyenya Hillary Clinton mengadakan pesta kembang api di New York.

Terlalu Sering Kunyah Permen Berdampak Buruk Untuk Kesehatan

Anda suka sekali mengunyah permen karet? Hati-hati loh sahabat Panggung Berita. Karena ternyata sering kunyah permen karet akan berdampak tidak baik untuk kesehatan, berikut ulasannya....

Jokowi Perintahkan Menteri Mengevaluasi Ratusan Anak Usaha BUMN

Presiden Jokowi memerintahkan menterinya untuk menggabungkan atau menjual anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tiga Tuntutan Massa 212 Kepada DPR

FUI meminta supaya DPR sebagai lembaga legislatif sekaligus pengawas menekan pemerintah untuk melaksanakan ketentuan yang sudah berlaku dalam undang-undang, khususnya permasalahan Ahok ini.

Tidak Ada Relokasi, Ratusan PKL di Puncak Ancam Menjadi Pengemis

Ada sekitar 600 PKLdi jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat yang berunjukrasa di Kantor Bupati Bogor, Mereka meminta Bupati Bogor untuk menunda eksekusi sebelum adanya tempat relokasi.

Spesifikasi Lengkap dan Harga Ponsel Nokia 3310 Terbaru

Sama seperti seri terdahulunya, Nokia 3310 ini diklaim mempunyai ketahanan baterai tinggi dengan menghadirkan removable battery yang berkapasitas 1.200mAh. Di nilai, waktu standby ponsel ini bisa menc

Wali Kota Bogor Minta Keadilan Ditegakkan Dalam Kasus Duel Maut Siswa SMA

Menurut Bima Arya, meskipun kasus ini sempat diselesaikan dengan kekeluargaan dan tidak melalui jalur hukum, ini tentunya tidak menutup kemungkinan untuk kembali dibuka kasus ini.

Resep Sederhana Membuat Scrub Kopi di Rumah

Ingin kulit Anda cantik tanpa mengeluarkan banyak uang? Scrub kopi, bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Ingin Selalu Tepat Waktu? Ini Rahasianya

Jika Anda salah satu orang yang selalu saja datang terlambat dalam acara apapun, mungkin beberapa tips di bawah ini akan sangat berguna untuk Anda.

Kamu Suka Pempek? Tapi Tahukah Fakta Tentang Makanan Ini?

Asal usul dari nama ini sendiri sebenarnya muncul ke publik karena sebutan para pembeli kepada penjual kelesan saat itu. Sebutannya adalah Empek.

Kalianda Resort, Destinasi Wisata Pantai yang Wajib Kamu Kunjungi

Lampung, sebuah kota yang berada di pulau Sumatera ini memang memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang harus dikunjungi.

Ternyata Membacakan Dongeng Pada Anak Berdampak Positif

Tidak hanya untuk menghibur, banyak manfaat yang bisa didapat jika kamu membacakan dongeng sebelum anakmu tidur. Meskipun terdengar kuno, tetapi ternyata cara ini efektif loh.. SImak penjelasannya....

Dampak Alkohol Dapat Hancurkan Impian Lelaki Serta Perbandingannya Dengan Ganja

Apakah alkohol juga mempengaruhi sistem endokrin tubuh Anda? Apakah alkohol juga dapat mempengaruhi kandungan testosteron anda? Alkohol mampu memperlambat bermacam fungsi dari tubuh anda.

Pramono: Peran Indonesia untuk Rohingya Sudah Diakui Dunia

Indonesia terus mengambil peran yang strategis dalam upaya penyelesaian konflik etnis Rohingya di Myanmar. Aksi yang dilakukan Indonesia untuk membantu Rohingya diakui oleh PBB.

Mengunjungi Taman 12 Shio di TMII saat Liburan Imlek

Dan ini saatnya untuk mengajak keluarga anda pergi berlibur sekalian juga belajar mengenal beragam jenis shio di Taman 12 Shio, di TMII saat liburan Imlek.

Terungkap, Inilah Alasan Mengapa Kunyit Dijuluki Sebagai Si Rempah Emas

Kunyit telah dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Tanaman obat yang benama latin curcuma longa ini ampuh mengatasi banyak penyakit.

Gempa Melanda Negara Chile

Saat ini berita tentang Gempa 6,9 SR Melanda Chile sedang hangat di perbincangkan. Tak tanggung gempa berkekuatan 6,9 Richter(SR) menguncang negara chile pada hari Senin waktu setempat.

Abu Vulkanik dari Gunung Agung Bisa Menyebabkan Gejala Brokitis

Mengungsi ke tempat yang lebih aman dan jauh dari paparan abu vulkanik dari gunung yang berstatus ‘awas’ tersebut harus dilakukan supaya menghindari terkena penyakit saluran pernapasan.

Waspada, Ponsel Bisa Bikin Kulit Kamu Jadi Jelek

Ternyata penggunaan ponsel secara terus-menerus bersiko bikin kulit kamu jadi jelek. Berikut ini tiga efek buruk dari ponsel yang buat kulit kamu.

Tjahjo Kumolo Tetap Menginginkan JK Jadi Juru Kampanye Jokowi di Pilpres 2019 Mendatang

Tjahjo Kumolo tetap berharap supaya JK mau menjadi juru kampanye untuk Jokowi yang bekerja dibelakang layar.

Islandia, Menjadi Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia 2018

Keberhasilan Islandia yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 turut menghadirkan pencapaian yang istimewa. Islandia menjadi negara terkecil yang tampil di Piala Dunia tahun 2018.

Inilah 5 Sayuran Sederhana yang Memiliki Khasiat Tinggi

Panggung Berita telah merangkum 5 sayuran yang baik apabila dikonsumsi setiap hari dan memberikan banyak sekali khasiatnya, seperti berikut ini.

Destinasi Wisata Baru di Cianjur yang Menjadi Favorit Wisatawan Timur Tengah

Kawasan kota Cianjur, Jawa Barat yang akhir-akhir ini banyak di minati oleh wisatawan asing yang berasal dari Timur Tengah sebagai tempat tujuan wisata.

Viral di Media Sosial, JPO di Cengkareng Ini Menyimpan Misteri

Jembatan ini disebut-sebut oleh warga sekitar menyimpan sebuah cerita yang menyeramkan. Pengendara tidak hanya terjungkal, ada yang luka-luka, patah tulang, hingga berujung pada kematian.

Cara Dalam Menangani Gejala Gizi Buruk

Cara menangani gejala gizi buruk uang harus kita ketahui tentang gizi buruk yaitu, suatu penyakit dimana orang kekurangan makanan yang mengandung gizi serta serat yang sangat penting untuk diserap.

Berita Popular