Mengerikan, Inilah Cerita Saksi Mata di Balik Ledakan Keras Pabrik Petasan Kosambi


Panggung Berita - Ledakan pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang, merenggut sebanyak 47 nyawa dan melukai puluhan orang. Peristiwa mengerikan itu menyisakan trauma mendalam dan tanda tanya besar. 

Ledakan yang disusul oleh kebakaran hebat terjadi pada Kamis 26 Oktober 2017 sekitar pukul 09.00 WIB. Suara ledakan yang menggelegar bagaikan bom dan membuat orang panik berlarian untuk menyelamatkan diri.

Agus, yang merupakan seorang saksi mata menceritakan kejadian tersebut yang membuat dirinya syok. Sopir truk ini hanya berada sekitar 10 meter dari gerbang pabrik maut tersebut.

Saat itu, Agus sedang bersantai dengan sejumlah anggota Brimob di dekat lokasi kebakaran. "Itu ledakannya sangat keras sekali kayak bom. Saking kerasnya ledakan itu, saya sama beberapa Brimob sampai tiarap," ujar Agus.

Api kemudian berkobar dan asap hitam mengepul dari gudang petasan tersebut. Lalu terjadi beberapa ledakan susulan, namun lebih kecil suaranya.

Tidak lama kemudian, pegawai yang berada di dalam gudang tersebut berlarian keluar menyelamatkan diri. Beberapa pegawai yang berlari dalam kondisi tubuh terbakar. Suasana sangat mencekam. "Orang-orang pada teriak. Terus gak lama keluar ibu-ibu udah habis pakaiannya. Dia ditolong sama Brimob. Saya shock melihatnya," imbuh Agus.

Ledakan keras itu juga membuat panik siswa siswi SMPN 1 Kosambi yang berjarang 10 meter pabrik. Bangunan antar sekolah dan pabrik hanya dipisahkan oleh jalan yang tidak begitu lebar.

"Kaget, lihat asap warnanya oranye. Anak-anak sekolah kabur karena ledakan," cerita saksi mata, Rio Dwi, siswa SMPN 1 Kosambi.

Rio menceritakan ledakan yang muncul bersuara sangat keras. Saat itu, siswa di kelas lain pun ikut keluar dari kelas tanpa adanya instruksi dari guru.

Kesaksian lainnya juga disampaikan oleh Bharatu Brimob Polda Kalbar, Armansyah. Saat terdengar suara ledakan, anggota Brimob tersebut langsung bersigap membantu korban yang masih terjebak di dalam pabrik.

"Awalnya sih kita abis selesai apel pagi rencananya mau patroli. Jadi pas patroli menunggu yang mau ngawal kita, kita menaruh barang di atas. Pas lagi naruh barang di atas, lihat jendela, di tengah meledak," ujar Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya berniat untuk menjebol salah satu dinding pabrik. Namun hal itu tidak jadi karena ada mesin ganset di balik temboknya. "Lalu turun kami semua kan, kami membantu evakuasi selamatkan diri dari gudang ini, kami bantu. Pas tempat meledak, dinding itu saya mau jebol. Tapi ada yang teriak, 'Di situ gudang genset.' Jadi kami sama beberapa orang yang jebol dinding kembali ke depan," cerita Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya lekas berpindah ke bagian depan pabrik. Pada saat yang bersamaan, terlihat api di balik dinding yang ingin dijebol. "Karena diteriakin ada genset, nggak lama kembali keluar api kecil dari situ, kemudian ada ledakan, karena di situ adalah tempat karbit," imbuhnya.

Untuk menolong korban yang terjebak dalam kobaran api, personel Brimob kemudian menjebol tembok bagian belakang. Ada 10 personel Brimob yang menjebol tembok. "Pertama di tembok belakang, lalu jebol maju lagi. Ada sepuluh orang (yang jebol)," imbuhnya.

Tembok dijebol dengan menggunakan besi dan palu martil dari warga sekitar. ketika tembok bisa dijebol, korban laki-laki dan perempuan langsung berhamburan keluar. "Pakai besi bulat dan palu martil seadanya dari warga sekitar. Ada yang keluar perempuan dan laki-laki. Yang keluar di sini ibu-ibu. Kebanyakan korban yang terjebak karena api ada di tengah-tengah," jelasnya.

Kisah lain juga diutarakan oleh Kepala Desa Belimbing, Maskota. Dia mendengar suara teriakan dan gedor-gedor pintu ketika ada ledakan di pabrik petasan Kosambi. Maskota mengtakan para pekerja terkunci di dalam pabrik.

"Kalau lihat, mungkin mereka sudah terbiasa. Kalau pintu pabrik tidak dikunci mungkin banyak yang selamat. Mereka itu saat kejadian banyak yang teriak, gedor-gedor pintu," kata Maskota.

Maskota menjelaskan, akibat pintu yang terkunci dari dalam, banyak pegawai yang kesulitan keluar untuk menyelamatkan. Karena itu, para pekerja tidak bisa menyelamatkan dirinya dari ledakan di pabrik petasan tersebut. "Menurut informasi, karena pintu gerbang tertutup dan terkunci, terkunci juga dari dalam, jadi mereka tidak bisa selamatkan diri," jelasnya.

Maskota juga menjelaskan ledakan yang terjadi di pabrik petasan itu terasa hingga ke rumahnya. Rumah kepala desa itu berada sekitar 3 kilometer dari lokasi kejadian.

Sekarang, peristiwa ledakan yang telah menjadi sorotan dunia itu masih diselidiki oleh polisi. Polisi meminta sejumlah keterangan kepada pihak manajemen pabrik petasan yang meledak di Kosambi, Kota Tangerang. Manajer operasional pabrik tersebut langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih mendalam.

"Sementara ini manajer operasional pabriknya sudah kami bawa ke Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada Panggung Berita, Kamis 26 Oktober 2017.

Selain itu, Indra Liyono (40), yang diketahui sebagai pemilik pabrik petasan yang meledak di kawasan Pergudangan 99 Kosambi, Kota Tangerang, dimintai keterangan oleh polisi. Saat ini Indra masih diperiksa secara intensif di Polsek Teluk Naga.

"Pemilik pabrik sudah ada, sekarang masih diperiksa oleh penyidik Polres di Polsek Teluk Naga," jelas Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan.

Hingga saat ini terdata sudah ada 47 korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Sementara 46 korban yang mengalami luka dirawat di RSUD Tangerang, RSIA BUN dan RS Mitra Keluarga. Tim Forensik saat ini masih bekerja keras dalam mengidentifikasi jasad 47 korban.

Sementara itu, Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja (Menaker) segera mengecek apakah ada pelanggaran yang dilakukan pemilik pabrik itu terkait dengan ketenagakerjaan, termasuk dugaan mempekerjakan anak di bawah umur. "Saya sudah melihat beritanya dan langsung memerintahkan jajaran saya untuk menangani kasus itu," kata Hanif.


Baca Juga:

>> Aksi Curanmor Mencoreng Hari Santri Nasional di Garut

>> Sektor Industri Nasional Membutuhkan Dukungan Teknologi Terbaru


Bagikan


Apakah-Purapura-Sakit-Termasuk-Gangguan-Jiwa

Apakah Pura-pura Sakit Termasuk Gangguan Jiwa?

Jokowi-Ingin-Seluruh-Dunia-Tahu-Bahwa-Indonesia-Negara-Muslim-Terbesar

Jokowi Ingin Seluruh Dunia Tahu Bahwa Indonesia Negara Muslim Terbesar

JK-Minta-Setnov-Tidak-Lagi-Menghidar-Dari-Panggilan-KPK

JK Minta Setnov Tidak Lagi Menghidar Dari Panggilan KPK

Presiden-Jokowi-Jangan-Gadaikan-Sertifikat-ke-Rentenir

Presiden Jokowi: Jangan Gadaikan Sertifikat ke Rentenir!

Tidak-Hanya-Ancol-Anies-Juga-Akan-Gratiskan-Masuk-Museum

Tidak Hanya Ancol, Anies Juga Akan Gratiskan Masuk Museum

Pelaku-Kekerasan-Seks-terhadap-Biarawati-India-Dihukum-Seumur-Hidup

Pelaku Kekerasan Seks terhadap Biarawati India Dihukum Seumur Hidup

Maksud-Tersembunyi-Sri-Mulyani-dari-Rencana-Gojek-Menjadi-Agen-Pajak

Maksud Tersembunyi Sri Mulyani dari Rencana Gojek Menjadi Agen Pajak

Lokasi-Telah-Teridentifikasi-Program-Rumah-DP-0-Rupiah-akan-Segera-Dirilis

Lokasi Telah Teridentifikasi, Program Rumah DP 0 Rupiah akan Segera Dirilis

News Feed


Ada Jerawat yang menempel pada Cake dan Bisa Dipencet!

Jika Anda bosan dengan cake yang berhiaskan karakter kartun atau bunga yang menggemaskan, Anda bisa mencoba cake unik buatan The Cakescape.

Inilah Pengakuan Fajar, Bocah dari Kendari yang Bertingkah Seperti Zombie

Dalam video yang berdurasi 4 menit 48 detik, bocah bernama Fajar menceritakan ketika dia pertama kali diberi obat PCC oleh orang yang tidak dikenal.

Drama Penangkapan Bandar Narkoba di Denpasar

Tim Berantas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali terpaksa mengeluarkan tembakan ke udara berulang kali untuk menghentikan mobil New HRV warna putih DK 773 CA dalam kondisi terbakar.

Bagaimana Cara Untuk Mengatasi Insomnia? Intip 5 Tips Ini!

Masyarakat perkotaan merupakan paling banyak yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, tak jarang jika mereka mencoba mengkonsumsi obat penenang agar bisa beristirahat

Inilah Alasan Persija Tiba Lebih Cepat di Bali

Persija Jakarta mempunyai alasan khusus untuk tiba lebih cepat di Bali. Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra mengakui keputusan untuk bertolak ke Bali lebih cepat karena ada beberapa alasan.

Seperti Kahiyang Ayu, Inilah Enaknya Menjadi Anak Perempuan Satu-satunya di Keluarga

Banyak sekali keuntungan yg dirasakan seseorang jika menjadi anak perempuan satu-satunya seperti Kahiyang, berikut beberapa keuntungan yang dirasakan oleh satu-satunya anak perempuan.

GP Inggris Raya Bisa Digelar Selepas Tahun 2019, Namun…

GP Inggris Raya akan digelar selepas tahun 2019 di sirkuit Silvertone, hal itu diyakini oleh British Racing Drivers' Club (BRDC). Tetapi mereka juga membutuhkan bantuan dari Pemerintah Inggris.

Sering Pipis dan Gusi Berdarah, Apakah Itu Tanda Gula Darah Tinggi?

Selain melakukan pengecekan yang teratur untuk mengatahui kadar gula darah tinggi atau tidak. Mengetahui kondisi fisik ini juga bisa mengetahui kadar gula darah tinggi atau tidak.

Final Piala Presiden 2017

Pertandingan Piala Presiden ini pun dihadiri oleh Bapak Presiden Joko Widodo beserta pejabat-pejabat penting, tentunya untuk memberikan dukungan penuh kepada peserta Piala Presiden.

Anies Baswedan Yakin Kalau Moderator di Debat Cagub Kedua Akan Objektif

Anies Baswedan menganggap bahwa ditunjuknya Eko Prasodjo sebagai moderator dalam debat putaran kedua sangat sesuai dengan tema di debat nanti, yaitu seputar persoalan mengenai reformasi birokrasi.

Uji Coba Lalu Lintas Kemayoran-GBK Akan Dilakukan Menjelang Asian Games

Dengan jumlah yang besar dan jadwal pertandingan yang padat pada bulan Agustus tahun depan mendatang, tuan rumah diminta untuk menyiapkan transportasi serta lalu lintas yang lancar.

Alami 6 Tanda Ini Anda Terlampau Stres

Akhir-akhir ini Anda sering mengalami tekanan sampai jadi beban? Jika hal ini terjadi, mungkin Anda mengalami stres. Ada 6 tanda lainnya saat Anda sedang mengalami stres, simak dibawah ini.

5 Kasus Pernikahan Sejenis yang Pernah Terjadi di Jawa Tengah

Selama kurang lebih 15 tahun, di Jawa Tengah tercatat ada sebanyak 5 kasus pernikahan sesama jenis. Pernikahan tersebut terjadi baik laki-laki dengan laki-laki maupun perempuan dengan perempuan.

Donald Trump Saksikan Gerhana Matahari Tanpa Pelindung Mata Jadi Perbincangan Netizen

Aksi donald Trump yang menyaksikan gerhana matahari tanpa memakai pelindung mata sontak menjadi perbincangan publik, hal tersebut dinilai mencontohkan hal yang buruk kepada masyarakat

Insiden di Jatim Park Yang Melukai Seorang Anak

Seekor anak harimau melukai seorang bocah perempuan di Jatim Park 2, Malang. Akibatnya anak itu mengalami luka-luka di bagian dada dan tengkuknya, berikut kisahnya..

Populasi Menurun, Pemerintah Polandia Mengimbau Warga Tiru Kelinci

Pemerintah Polandia mendorong warganya untuk bereproduksi seperti kelinci, hewan yang dikenal bisa berkembang biak dengan cepat.

Ahok Menjenguk Kader PDIP yang Menjadi Korban Pengeroyokan

Ahok sangat menyayangkan perbuatan dari beberapa orang itu yang sudah mengeroyok kader PDIP tersebut. Tapi Ahok meminta agar relawan dan tim suksesnya tidak terpancing emosi dan harus menahan diri.

Permukaan Kawah di Gunung Agung Retak dan Gempa Saat Ini Terus Meningkat

Terlihat dalam radius 12 km, muncul solfarata atau gas oksida belerang yang menandakan adanya perubahan di kawah Gunung Agung.

Langkah-Langkah Polri Mengungkap Kasus Sindikat Saracen

Dalam memungkap kasus ujaran kebencian di media sosial yang dijalankan oleh kelompok Saracen, polisi sangat berhati-hati. Karena ini melibatkan reputasi banyak orang.

Deteksi Kadar Kolestrol Tinggi Dengan 6 Gejala Ini

Tidak sedikit orang yang tidak sadar bahwa ia mempunyai kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuhnya. Berikut ini ada beberapa gejala untuk mendeteksi kolestrol dalam tubuh anda tinggi yang harus anda.

AS: Korea Utara Memohon untuk Perang!

Pemerintah Amerika Serikat menyerukan supaya Korea Utara dijatuhi sanksi yang paling keras setelah uji coba nuklir terbaru

Kemunculan Planet Kesembilan di Tata Surya, Apakah Tanda Kiamat?

NASA baru-bari ini telah merilis pernyataan bahwa mereka menemukan planet kesembilan dalam sistem tata surya, yang dijuluki sebagai Planet Nine.

Kholifah Mengantongi 2 Nama untuk Cawagub Jawa Timur, Ada Nama AHY?

Ketika ditanya apakah satu dari dua nama itu adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)? Khofifah hanya memberikan tersenyum.

Jelang Pernikahan Kahiyang&Bobby, Presiden Jokowi Memasang Bleketepe

Esok hari, Rabu, 8 November 2017, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu akan melepas masa lajangnya bersama sang kekasih, Bobby Nasution.

Akibat Rasa Bosan, Kakek Ini Melukis Kampungnya

Di Taiwan, ada sebuah perkampungan yang dijuluki Kampung Pelangi. Kampung cantik ini dilukis oleh seorang kakek yang awalnya merasa bosan karena tinggal dilingkungan yang kumuh.

Strategi Ketiga Cagub DKI Jakarta di 2 Pekan Jelang Pemilihan

Ketiga paslon cagub-cawagub DKI juga telah beradu argument dalam dua sesi debat yang dilaksanakan KPUD. Dan masih tersisa satu sesi debat lagi sebelum warga Jakarta menentukan pilihannya.

Ketika Cita Rasa Masakan Indonesia Menggoyang Lidah Warga Korea Utara

Pada acara resepsi yang dilaksanakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Pyongyang, Korea Utara, saat sajian makan malam ada yang menanyakan bahan beserta resep makanan khas Indonesia.

Kreativitas Bukan Hanya Bikin Sukses Tetapi Juga Kunci Awet Muda

Banyak sekali pengertian tentang kreativitas, tapi juga awet muda benarkah? Bukan hanya para pakar-pakar ataupun orang "pintar" yang memiliki arti tersendiri terhadap kata kreativitas.

Gempa 7,1 Skala Richter di Meksiko Tewaskan 273 Jiwa

Tim penyelamat saat ini meyakini bahwa masih ada kemungkinan banyak orang yang tertimbun bangunan yang runtuh hidup-hidup. Di sekitar sepuluh bangunan yang ada di Meksiko City.

Jelang Sabang Jadi Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia

ASITA menyatakan sedang menyukseskan Sail Sabang 2017 yang akan mengangkat tema yakni Sabang menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia.

Rajin Mencuci Tangan Dapat Mencegah Terkena Kanker Serviks

Tutin mencuci tangan bisa mencegah timbulnya kanker serviks karena HPV, yakni salah satu virus penyebab kanker, virus HPV juga bisa menular lewat sentuhan. ini lah manfaatnya sering mencuci tangan.

Bawaslu: Politik Uang Merupakan Kejahatan Pemilu

Sejumlah warga masih permisif atau membiarkan dalam menyikapi kasus polik uang yang kerap terjadi, di mana masyarakat sudah menganggap kalau politik uang merupakan sebagai budaya dalam pemilu.

Ayahanda Yana Zein Tiba di Rumah Duka, Kisruh Agama Yana Zein Mencuat

Selama mengidap penyakit kanker payudara yang sudah stadium 4, masalah ini memang masih sangat sensitif bagi keluarga dan tidak pernah dibicarakan sebelum Nurzaman datang dari Sumatera ke Jakarta.

Seorang Ayah Tanpa Kaki dan Hanya Memiliki Satu Tangan Berjuang Keras Demi Para Buah Hatinya

Kecelakaan itu merubah segalanya, aktivitas Agus berubah seketika. Saat itu ia begitu terpukul atas kejadian yang telah menimpanya. Ia tidak menerima dirinya yang hanya memiliki satu tangan...

Laporan Nikita Mirzani Terkait Penghinaan Panglima TNI Mentah, Ini Penyebabnya

Gepak mendatangi Mapolda Metro Jaya untuk melaporkan pemilik akun Twitter Nikita Mirzani terkait ujaran kebencian terhadap Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.

Redmi Note 4 Meledak!!! Begini Tanggapan Pihak Xiaomi

Kejadian serupa kali ini menimpa vendor yang naik daun lantaran mampu bersaing dengan produknya yang dikenal kualitas setara tapi dengan harga yang sangat terjangkau, Xiaomi Redmi Note 4.

Tarra Budiman telah resmi melamar sang kekasih Gya Sadiqah

Tarra Budiman secara resmi melamar sang kekasihnya, Gya Sadiqah. Yuk simak acara dan ucapan dari kerabat terdekat Tarra Budiman dan Gya Sadiqah.

Berburu Sandwich Sambil Bersantai di Akhir Pekan

Salah satu menu baik ketika sarapan adalah sandwich yang diisi dengan berbagai isian. Apabila kamu ingin sarapan di luar rumah, kamu bisa saja datang ke suatu kafe untuk mencicipi setiap menu.......

Buah-Buahan dan Sayuran yang Membuat Gigi Kuat Serta Sehat

Buah dan sayur mengandung banyak sekali antioksidan, mineral dan vitamin yang juga dapat menyehatkan gusimu. Beberapa buah-buahan dan sayuran ini dipercaya dapat membuat gigimu kuat serta sehat.......

Potong Rambut Saat Putus Cinta, Ini Alasannya

Seringkali banyak yang bilang bahwa potong rambut seperti aktivitas 'buang sial', benarkah hal itu?

KPU Menetapkan Jumlah Pemilih di Jawa Barat Sebanyak 32,8 Juta Orang

KPU Jabar menetapkan DPT untuk Pilgub Jabar 2018 mendatang berjumlah 21.809.057 orang. Jumlah ini menurun sekitar satu juta orang pada Pilgub 2013 lalu.

Jelang MotoGP 2017, Valentino Rossi Disebut Telah Ciptakan Keajaiban

Di luar hal tersebut dari pengakuan atas dirinya tentang kekaguman terhadap Valentino Rossi, Vittoriano Guareschi mengatakan masih sering berkomunikasi dengan para pembalap MotoGP.

Kemewahan Raja Salman Yang Tidak Terkira

Inilah kekayaan dari orang nomor satu di Saudi Arabia, Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Dimana tentunya Raja Salman ini mempunyai banyak sekali kekayaan yang begitu mewah nan megah dalam hidupnya..

Masa Jabat Segera Selesai, Karangan Bunga Terus Datang di Balkot

BalaiKota DKI Jakarta lagi-lagi dibanjiri oleh karangan bunga untuk Gubernur DKI Jakarta yang sebentar lagi akan melepas jabatannya.

Diduga Korsleting Listrik, Pasar Senen Kebakaran 42 Unit Damkar Dikerahkan

Titik api bersumber dari Blok III yang berasal dari toko aksesoris. Tetapi sebelumnya, petugas Damkar sempat kesulitan untuk menjangkau sumber api. Dugaan sementara karena korsleting listrik.

Bahasa dan Sastra Mempunyai Peran Penting untuk Merawat Kebinekaan Indonesia

Partisipasi terhadap bahasa dan sastra Indonesia ataupun bahasa daerah melalui re-identifikasi kebhinekaan bangsa merupakan menjadi tawaran yang cukup menarik untuk menyelesaikan beragam permasalahan.

Uang Baru yang Diduga Berlogo Palu Arit Jadi Buruan Warga Papua

Warga Papua sama sekali tidak terhasut isu hoax. Mereka warga yang cerdas. Walaupun dari sejumlah sosialisasi banyak yang menanyakan tentang isu tersebut, malah ada juga yang memberikan masukan.

Tidak Hanya Ekstrem, Olahraga Ini Juga Mahal

Pernahkah kamu berpikir untuk melakukan olahraga yang akan menguji keberanianmu? Berikut ini Panggung Berita telah merangkum beberapa olahraga yang dikenal ekstrem dan mahal untuk melakukannya.

Durasi Ideal Untuk Menggunakan Gadget Bagi Remaja

Para orang tua tidak perlu takut secara berlebihan ketika tahu kalau gadget bisa menimbulkan dampak buruk bagi perkembangan remaja atau bisa saja menghancurkan kemampuan mereka dalam bersosialisasi.

Keren! WHO Pajang Batik Khas Banyumas Bermotif Virus Flu di Swiss

Batik buatan asli Inonesia ini sengaja dibuat untuk WHO dan khusus dibuat dengan gambar virus influenza.

Berita Popular