Mengerikan, Inilah Cerita Saksi Mata di Balik Ledakan Keras Pabrik Petasan Kosambi


Panggung Berita - Ledakan pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang, merenggut sebanyak 47 nyawa dan melukai puluhan orang. Peristiwa mengerikan itu menyisakan trauma mendalam dan tanda tanya besar. 

Ledakan yang disusul oleh kebakaran hebat terjadi pada Kamis 26 Oktober 2017 sekitar pukul 09.00 WIB. Suara ledakan yang menggelegar bagaikan bom dan membuat orang panik berlarian untuk menyelamatkan diri.

Agus, yang merupakan seorang saksi mata menceritakan kejadian tersebut yang membuat dirinya syok. Sopir truk ini hanya berada sekitar 10 meter dari gerbang pabrik maut tersebut.

Saat itu, Agus sedang bersantai dengan sejumlah anggota Brimob di dekat lokasi kebakaran. "Itu ledakannya sangat keras sekali kayak bom. Saking kerasnya ledakan itu, saya sama beberapa Brimob sampai tiarap," ujar Agus.

Api kemudian berkobar dan asap hitam mengepul dari gudang petasan tersebut. Lalu terjadi beberapa ledakan susulan, namun lebih kecil suaranya.

Tidak lama kemudian, pegawai yang berada di dalam gudang tersebut berlarian keluar menyelamatkan diri. Beberapa pegawai yang berlari dalam kondisi tubuh terbakar. Suasana sangat mencekam. "Orang-orang pada teriak. Terus gak lama keluar ibu-ibu udah habis pakaiannya. Dia ditolong sama Brimob. Saya shock melihatnya," imbuh Agus.

Ledakan keras itu juga membuat panik siswa siswi SMPN 1 Kosambi yang berjarang 10 meter pabrik. Bangunan antar sekolah dan pabrik hanya dipisahkan oleh jalan yang tidak begitu lebar.

"Kaget, lihat asap warnanya oranye. Anak-anak sekolah kabur karena ledakan," cerita saksi mata, Rio Dwi, siswa SMPN 1 Kosambi.

Rio menceritakan ledakan yang muncul bersuara sangat keras. Saat itu, siswa di kelas lain pun ikut keluar dari kelas tanpa adanya instruksi dari guru.

Kesaksian lainnya juga disampaikan oleh Bharatu Brimob Polda Kalbar, Armansyah. Saat terdengar suara ledakan, anggota Brimob tersebut langsung bersigap membantu korban yang masih terjebak di dalam pabrik.

"Awalnya sih kita abis selesai apel pagi rencananya mau patroli. Jadi pas patroli menunggu yang mau ngawal kita, kita menaruh barang di atas. Pas lagi naruh barang di atas, lihat jendela, di tengah meledak," ujar Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya berniat untuk menjebol salah satu dinding pabrik. Namun hal itu tidak jadi karena ada mesin ganset di balik temboknya. "Lalu turun kami semua kan, kami membantu evakuasi selamatkan diri dari gudang ini, kami bantu. Pas tempat meledak, dinding itu saya mau jebol. Tapi ada yang teriak, 'Di situ gudang genset.' Jadi kami sama beberapa orang yang jebol dinding kembali ke depan," cerita Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya lekas berpindah ke bagian depan pabrik. Pada saat yang bersamaan, terlihat api di balik dinding yang ingin dijebol. "Karena diteriakin ada genset, nggak lama kembali keluar api kecil dari situ, kemudian ada ledakan, karena di situ adalah tempat karbit," imbuhnya.

Untuk menolong korban yang terjebak dalam kobaran api, personel Brimob kemudian menjebol tembok bagian belakang. Ada 10 personel Brimob yang menjebol tembok. "Pertama di tembok belakang, lalu jebol maju lagi. Ada sepuluh orang (yang jebol)," imbuhnya.

Tembok dijebol dengan menggunakan besi dan palu martil dari warga sekitar. ketika tembok bisa dijebol, korban laki-laki dan perempuan langsung berhamburan keluar. "Pakai besi bulat dan palu martil seadanya dari warga sekitar. Ada yang keluar perempuan dan laki-laki. Yang keluar di sini ibu-ibu. Kebanyakan korban yang terjebak karena api ada di tengah-tengah," jelasnya.

Kisah lain juga diutarakan oleh Kepala Desa Belimbing, Maskota. Dia mendengar suara teriakan dan gedor-gedor pintu ketika ada ledakan di pabrik petasan Kosambi. Maskota mengtakan para pekerja terkunci di dalam pabrik.

"Kalau lihat, mungkin mereka sudah terbiasa. Kalau pintu pabrik tidak dikunci mungkin banyak yang selamat. Mereka itu saat kejadian banyak yang teriak, gedor-gedor pintu," kata Maskota.

Maskota menjelaskan, akibat pintu yang terkunci dari dalam, banyak pegawai yang kesulitan keluar untuk menyelamatkan. Karena itu, para pekerja tidak bisa menyelamatkan dirinya dari ledakan di pabrik petasan tersebut. "Menurut informasi, karena pintu gerbang tertutup dan terkunci, terkunci juga dari dalam, jadi mereka tidak bisa selamatkan diri," jelasnya.

Maskota juga menjelaskan ledakan yang terjadi di pabrik petasan itu terasa hingga ke rumahnya. Rumah kepala desa itu berada sekitar 3 kilometer dari lokasi kejadian.

Sekarang, peristiwa ledakan yang telah menjadi sorotan dunia itu masih diselidiki oleh polisi. Polisi meminta sejumlah keterangan kepada pihak manajemen pabrik petasan yang meledak di Kosambi, Kota Tangerang. Manajer operasional pabrik tersebut langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih mendalam.

"Sementara ini manajer operasional pabriknya sudah kami bawa ke Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada Panggung Berita, Kamis 26 Oktober 2017.

Selain itu, Indra Liyono (40), yang diketahui sebagai pemilik pabrik petasan yang meledak di kawasan Pergudangan 99 Kosambi, Kota Tangerang, dimintai keterangan oleh polisi. Saat ini Indra masih diperiksa secara intensif di Polsek Teluk Naga.

"Pemilik pabrik sudah ada, sekarang masih diperiksa oleh penyidik Polres di Polsek Teluk Naga," jelas Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan.

Hingga saat ini terdata sudah ada 47 korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Sementara 46 korban yang mengalami luka dirawat di RSUD Tangerang, RSIA BUN dan RS Mitra Keluarga. Tim Forensik saat ini masih bekerja keras dalam mengidentifikasi jasad 47 korban.

Sementara itu, Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja (Menaker) segera mengecek apakah ada pelanggaran yang dilakukan pemilik pabrik itu terkait dengan ketenagakerjaan, termasuk dugaan mempekerjakan anak di bawah umur. "Saya sudah melihat beritanya dan langsung memerintahkan jajaran saya untuk menangani kasus itu," kata Hanif.


Baca Juga:

>> Aksi Curanmor Mencoreng Hari Santri Nasional di Garut

>> Sektor Industri Nasional Membutuhkan Dukungan Teknologi Terbaru


Bagikan


Penampilan-Novel-Baswedan-Tiba-di-Indonesia

Penampilan Novel Baswedan Tiba di Indonesia

Miris-3-Artis-Tanah-Air-Ini-Tertangkap-Akibat-Narkoba

Miris, 3 Artis Tanah Air Ini Tertangkap Akibat Narkoba

KNKT-Turun-Tangan-Usut-Kapal-Jetliner-Tabrak-Kantor-Syahbandar

KNKT Turun Tangan Usut Kapal Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar

Cerita-Kampung-China-di-Kotatua-Jakarta

Cerita Kampung China di Kotatua Jakarta

Kereta-Amtrak-Tabrak-Kereta-Barang-Puluhan-Penumpang-LukaLuka

Kereta Amtrak Tabrak Kereta Barang, Puluhan Penumpang Luka-Luka

Dua-Sungai-di-Brebes-Meluap-Ratusan-Rumah-Terendam-Banjir

Dua Sungai di Brebes Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Polisi-Ringkus-Pembunuh-Anak-Pemilik-Warung-di-Pasar-Rebo

Polisi Ringkus Pembunuh Anak Pemilik Warung di Pasar Rebo

Kecelakaan-terjadi-di-Tanjakan-Emen-

Kecelakaan terjadi di Tanjakan Emen

News Feed


Kebun Binatang Mini yang Ada di Ancol

Selain ada wahana permainan, Ancol ternyata juga mempunyai wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka yang ada didunia.

Ingin Kulit Tubuh Lebih Sehat dan Terawat? Konsumsi 7 Makanan Ini

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi, supaya kulit tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah iritasi.

Floating Market Tempat Wisata Baru Dari Bandung

Daerah Bandung dan sekitarnya selalu mempunyai cara tersendiri untuk membuat para wisatawan dan pengunjung lainnya datang ke Bandung.

Vlogger Dunia Unggah Vlog Bersama Presiden Jokowi

Casey Neistat berkesempatan duduk bersama dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di ruangan VIP Bandara Halim Perdana Kusuma.

Risiko Kesehatan yang Mengintai di Balik Tren Nikah Muda Saat Ini

Padahal, hal ini tentunya sangat berdampak buruk bagi kesehatan dan reproduksi, sehingga pernikahan untuk anak dibawah umur sebaiknya tidak terjadi dan dapat di hindarkan.

PS TNI Siap Tempur Mengahadapi Persija Jakarta

Rudy Eka Priyambada tetap optimis bisa membawa pulang tiga point saat menghadapi skuat Macan Kemayoran nanti malam, Sabtu (30/09/2017).

Ingin Terlihat Awet Muda? Hindari Makanan Ini!

Ada beberapa makanan serta minuman yang membuat kita tampak tua. Inilah lima makanan yang sebaiknya dijauhi supaya tidak cepat menua seperti kopi, alkohol dan lain-lain. Simak kelanjutannya disini..

Tanda-Tanda Ketika Angin Duduk Menyerang Anda, Perhatikan Baik-baik!

Serangan angin duduk bisa terjadi karena pembuluh darah arteri yang bertugas menyuplai darah kembali ke jantung mengalami gangguan atau penyempitan. Berikut tanda-tandanya, simak ya!

Djarot Minta agar RS Mitra Keluarga Kalideres Dievaluasi Lagi

surat izin RS Mitra Keluarga Kalideres Jakarta Barat belum dicek oleh Djarot, apakah itu surat dikeluarkan dari Pemprov atau dari pusat. Djarot kemudian ingin memeriksanya.

Suara Seorang Perokok Mendadak Serak Tanpa Batuk dan Pilek, Tanda Kanker?

Laring adalah bagian penting yang mempunyai fungsi untuk proses berbicara dan bernapas seseorang. Ketika seseorang terkena kanker laring, itu berarti terdapat tumor yang tumbuh pada bagian laringnya.

Yuk Kenali Alergi Ini Pada Anak!

Perlu kita perhatikan reaksi tubuh anak apabila ada ketidakcocokan terhadap makanan tertentu, reaksi tubuh bisa bermacam-macam seperti gatal-gatal. Kenali alergi pada anak disini. Simak kelanjutannya.

Lakukanlah Hal Ini Jika Ingin Anak Menjadi Orang Sukses

Panggung Berita mempunyai beberapa strategi menarik dan berguna yang dapat diterapkan kepada anak supaya kehidupan anak dimasa mendatang menjadi sukses.

Ingin Awet Muda? Makanlah Buah Apel Setiap Hari

Memakan satu buah apel sehari bisa menjauhkan kita dari dokter, karena apel adalah salah satu buah yang tinggi kandungan seratnya.

Ternyata Makanan-Makanan Ini Jika Dikonsumsi Rutin Dapat Mencerahkan Kulit

Ingin memiliki kulit yang putih dan sehat? Beberapa makanan-makanan berikut ini apabila dikonsumsi secara rutin akan mencerahkan kulitmu. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, yuk simak beritanya....

Inilah Beberapa Kedai Kopi Yang Sedang Digandrungi Para Pecinta Kopi

Banyak sekali kopi dari tanah air kita yang begitu dicintai oleh orang di luar negeri, di ibu kota Indonesia sendiri, kopi begitu dicintai. Beberapa kedai ini mungkin salah satu buktinya......

Tanggal Tua Tapi Tetap Bisa Romantis, Coba Tips Ini!

Banyak sekali hal yang sederhana yag dapat kamu lakukan bersama dengan pasanganmu seperti sekedar makan ice cream kesukaannya bersama-sama atau membawakan makanan untuknya ketika sakit.

Cara Menurunkan Berat Badan Yang Dapat Kamu Terapkan

Mengenal Petasan, Peledak yang Masih Menjadi Idola Masyarakat Indonesia

petasan tidak selalu membawa kegembiraan bagi pemakainya. Ledakan yang mengakibatkan kebakaran mampu menimbulkan korban jiwa. Banyak kasus yang diakibatkan petasan yang menghilangkan korban jiwa.

Inikah Penyebab dari Kekalahan Agus-Sylvi?

Menurut Hendri, Agus tidak bisa membalikan posisinya saat di akhir debat. Oleh karena itu, dukungan terhadap pasangan Agus-Sylvi pun beralih ke Anies-Sandiaga yang dianggap mempunyai visi dan misi.

Kasus PCC Kendari Belum Usai, Wanita Cantik Edarkan Ribuan Butir PCC di Makassar

Tim Resmob Polsek Makassar telah berhasil menangkap seorang perempuan cantik yang sedang mengedarkan ribuan obat PCC ke kalangan remaja.

Gelagat Aneh Mussakir Sarira Sebelum Tewas Ditusuk

salah satu kerabat dekat dari Mussakir Sarira menyatakan ada hal yang mencurigakan saat kasus penikaman itu terjadi. Pada saat itu, Mussakir Sarira ternyata berada di kamar mandi.

Pertama di Indonesia, Pembangkit Listrik Tenaga Angin Akan Beroperasi Akhir 2017

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu atau PLTB yang akan beroprasi pada akhir tahun 2017 ini merupakan pembangkit listrik tenaga angin yang pertama di Indonesia.

Ello Ditangkap Karena Kepemilikan Ganja

Kali ini ada lagi satu selebriti yang diringkus oleh pihak kepolisian yaitu Marcello Tahitoe (Ello) karena kasus kepemilikan narkoba yang berjenis ganja. Simak kelanjutannya berikut ini....

Kenapa Mimisan Bisa Terjadi?

Mimisan merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat awam untuk menggambarkan kondisi medis di mana terjadi pendarahan pada lubang hidung.

Viral Video Emak-emak langgar Lalin Ngamuk Ketika Ditegur Polwan

Dalam video itu terlihat wanita berkerudung yang mengendarai motor Honda Beat berplat Semarang terus membentak dan marah-marah, sedangkan Polwan terlihat memegangi spion wanita itu supaya tidak kabur.

Sekolah Islam yang Terbesar di Australia Terancam Tutup

Sekolah Islam terbesar yang berada di Australia akan menutup aktifitasnya selama dua minggu kalau dana pemerintah federal dan juga negara bagian tidak dipulihkan.

Ahok Menjenguk Kader PDIP yang Menjadi Korban Pengeroyokan

Ahok sangat menyayangkan perbuatan dari beberapa orang itu yang sudah mengeroyok kader PDIP tersebut. Tapi Ahok meminta agar relawan dan tim suksesnya tidak terpancing emosi dan harus menahan diri.

Seorang Penyanyi Pop Legendaris, George Michael Tutup Usia

George Michael tutup usia, pada saat itu beliau sedang berada di rumah pribadinya tepat di hari Natal, 25 Desember 2016. Secara kebetulan, George Michael tutup usia di umurnya, 53tahun.

5 Tanda Kalau Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan

Jika kamu jatuh cinta hati-hati dengan cinta bertepuk sebelah tangan, ini tanda-tanda kalau cintaimu bertepuk sebelah tangan

Peluncuran Vivo V5Plus menggandeng Afgansyah Reza dan Pevita Pearce

Di sektor kamera, lensa kamera yang diusung oleh Vivo V5 Plus yaitu 20MP Dual Front Camera ditambah dengan effect Bokeh juga Shot Refocus. Jelas Vivo V5 Plus ini akan membuat momen ber-selfie para pen

Cara Efektif Menghilangkan Kantung Mata Dengan Bahan yang Sederhana

Kantung mata memang seringkali membuat tidak percaya diri karena membuat penampilan menjadi tidak maksimal, berikut adalah cara-cara sederhana untuk menghilangkan kantung mata yang sangat mengganggu..

Oatmeal Ternyata Pilihan Tepat Untuk Sarapan

Mengapa harus oatmeal yang dipilih? Karena ternyata oatmeal ini mengandung gandum yang penuh dengan kandungan nutrisi yang akan memberikan kamu tenaga dan membuat kamu kenyang lebih lama......

Pubertas di Usia 4 Tahun, Bocah Kecil Ini Menopause di Usia 5 Tahun

Emily Dover, seorang bocah yang berasal dari New South Wales di Australia mengidap Addison’s Disease. Penyakit langka tersebut membuatnya pubertas sebelum waktunya.

Seperti Manusia Tulang, Anak Berusia 7 Tahun Hampir Meninggal

Sekitar tahun 2014 tepatnya dibulan juni lalu, pertama kali nyonya Morse melihat foto Ryan. Menyedihkan Ryan benar-benar seperti tulang yang dibungkus dengan kulit, berat badannya hanya 3kg.

Mengintip Mobil Sandiaga Uno Menjelang Pelantikan

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara pukul 16.00 WIB. Sbelum ke Istanam ANies akan pergi ke Masjid Sunda Kelapa.

Pulau Petong, Surga Tersembunyi dari Batam untuk Snorkeling Terbaru

Bagi anda yang mampunyai hobi snorkeling, di Batam ada spot untuk snorkeling dengan pemandangam alam laut yang cantik dan tidak kalah dengan Lombok ataupun Bali lho.

Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Pakar nutrisi mengungkapkan bahwa kebiasaan seperti pelatihan kebugaran juga dengan yoga akan membuat hidup menjadi sehat serta menyenangkan. Berikut ini beberapa kiat kebiasaan-kebiasaan baik........

Ingin Gaji Bertambah, Antoine Griezmann Memanfaatkan MU

Antoine Griezmann memanfaatkan ketertarikan klub Menchester United (MU) pada dirinya untuk mendapatkan gaji yang besar dan kontrak baru dari Atletico Madrid.

Program Sandiaga Uno Untuk Janda dan Duda di Jakarta

"Ini para janda-janda di sini mau saya kenalin gak sama duda-duda keren yang di Jakarta Selatan? Duda-dudanya keren-keren lho di sana,” balasan Sandi yang membuat warga lain tersenyum tawa.

Memaksimalkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dengan Latihan Mental

Perkembangan dan pertambahan usia terkadang membuat ingatan kita menurun, Anda dapat memaksimalkan daya ingat serta konsentrasi anda dengan latihan mental berikut ini kisahnya...

Dulu Menjadi Korban Bully, Sekarang Menjadi Orang Sukses Yang Dikenal Dunia

Elon Musk lahir di Afrika Selatan tepatnya di Pretoria pada 46 tahun lalu, bukan seperti bocah pada umumnya. Ia sangat senang membaca buku-buku apalagi buku yang berkaitan dengan komputer dan sains...

Kembali ke Zaman Batu Krika Berkunjung ke Kampung Bena

Di Flores ada sebuah kampung unik yang masih alami. Di kampung ini Anda akan merasa kembali di zaman batu. Anda penasaran?

Totalitas Dadan Si Pasukan Oranye yang Menyelam di Got Hitam

Rekaman aksi Dadan ini menjadi viral di Facebook, Dadan yang berkali-kali menyelam ke dalam got kemudian mengeluarkan sampah yang menyumbat aliran air yang menyebabkan area sekitar menjadi tergenang.

Peringati Hari Batik, Lenggak-lenggok Para Pedagang Batik Pasar Klewer bak Pragawati

Karpet merah terpasang memanjang untuk menutupi aspal di bagian tengah Jalan Radjiman yang terletak tepat di depan bangunan Pasar Klewer.

Presiden Jokowi: Jangan Gadaikan Sertifikat ke Rentenir!

Presiden Jokowi tidak lupa mengedukasi warga jika terpaksa meminjam uang, sebaiknya uahng tersebut hanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat produktif dan bermanfaat seperti mengembangkan usaha.

Potret Kebhinekaan saat Perayaan Imlek di Solo

Perayaan tahun baru Imlek 2568 atau 2017 Masehi di Solo, Jawa Tengah, disambut meriah oleh seluruh warga, dengan memasang hiasan 5000 lampion dan menampilkan berbagai karnaval budaya.

5 Kasus Pernikahan Sejenis yang Pernah Terjadi di Jawa Tengah

Selama kurang lebih 15 tahun, di Jawa Tengah tercatat ada sebanyak 5 kasus pernikahan sesama jenis. Pernikahan tersebut terjadi baik laki-laki dengan laki-laki maupun perempuan dengan perempuan.

Unik, Ponsel Ini Berbentuk Fidget Spinner dan Bisa di Mainkan!

Saking banyaknya Fidget Spinner di pasaran, mainan ini sekarang hadir dalam bentuk ponsel fitur yang besut oleh perusahaan di Hong Kong, yakni Chilli International.

Inilah 4 Smartphone Ringan di Dunia

Saat ini banyak sekali beberapa produsen yang berlomba menciptakan produk yang ringan dan gampang dibawa kemana saja, sehingga sangat praktis bila digunakan.

Perempuan dan Anak-anak Pun ikut Serta Dalam Pertempuran Di Marawi

Setelah hari yang ke-106 pertempuran antara pemberontak maute dengan militer Filipina (AFP) masih terus berlangsung. Dari pihak AFP Mengatakan, perang ini mungkin akan terus berlangsung.

Berita Popular