Mengerikan, Inilah Cerita Saksi Mata di Balik Ledakan Keras Pabrik Petasan Kosambi


Panggung Berita - Ledakan pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang, merenggut sebanyak 47 nyawa dan melukai puluhan orang. Peristiwa mengerikan itu menyisakan trauma mendalam dan tanda tanya besar. 

Ledakan yang disusul oleh kebakaran hebat terjadi pada Kamis 26 Oktober 2017 sekitar pukul 09.00 WIB. Suara ledakan yang menggelegar bagaikan bom dan membuat orang panik berlarian untuk menyelamatkan diri.

Agus, yang merupakan seorang saksi mata menceritakan kejadian tersebut yang membuat dirinya syok. Sopir truk ini hanya berada sekitar 10 meter dari gerbang pabrik maut tersebut.

Saat itu, Agus sedang bersantai dengan sejumlah anggota Brimob di dekat lokasi kebakaran. "Itu ledakannya sangat keras sekali kayak bom. Saking kerasnya ledakan itu, saya sama beberapa Brimob sampai tiarap," ujar Agus.

Api kemudian berkobar dan asap hitam mengepul dari gudang petasan tersebut. Lalu terjadi beberapa ledakan susulan, namun lebih kecil suaranya.

Tidak lama kemudian, pegawai yang berada di dalam gudang tersebut berlarian keluar menyelamatkan diri. Beberapa pegawai yang berlari dalam kondisi tubuh terbakar. Suasana sangat mencekam. "Orang-orang pada teriak. Terus gak lama keluar ibu-ibu udah habis pakaiannya. Dia ditolong sama Brimob. Saya shock melihatnya," imbuh Agus.

Ledakan keras itu juga membuat panik siswa siswi SMPN 1 Kosambi yang berjarang 10 meter pabrik. Bangunan antar sekolah dan pabrik hanya dipisahkan oleh jalan yang tidak begitu lebar.

"Kaget, lihat asap warnanya oranye. Anak-anak sekolah kabur karena ledakan," cerita saksi mata, Rio Dwi, siswa SMPN 1 Kosambi.

Rio menceritakan ledakan yang muncul bersuara sangat keras. Saat itu, siswa di kelas lain pun ikut keluar dari kelas tanpa adanya instruksi dari guru.

Kesaksian lainnya juga disampaikan oleh Bharatu Brimob Polda Kalbar, Armansyah. Saat terdengar suara ledakan, anggota Brimob tersebut langsung bersigap membantu korban yang masih terjebak di dalam pabrik.

"Awalnya sih kita abis selesai apel pagi rencananya mau patroli. Jadi pas patroli menunggu yang mau ngawal kita, kita menaruh barang di atas. Pas lagi naruh barang di atas, lihat jendela, di tengah meledak," ujar Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya berniat untuk menjebol salah satu dinding pabrik. Namun hal itu tidak jadi karena ada mesin ganset di balik temboknya. "Lalu turun kami semua kan, kami membantu evakuasi selamatkan diri dari gudang ini, kami bantu. Pas tempat meledak, dinding itu saya mau jebol. Tapi ada yang teriak, 'Di situ gudang genset.' Jadi kami sama beberapa orang yang jebol dinding kembali ke depan," cerita Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya lekas berpindah ke bagian depan pabrik. Pada saat yang bersamaan, terlihat api di balik dinding yang ingin dijebol. "Karena diteriakin ada genset, nggak lama kembali keluar api kecil dari situ, kemudian ada ledakan, karena di situ adalah tempat karbit," imbuhnya.

Untuk menolong korban yang terjebak dalam kobaran api, personel Brimob kemudian menjebol tembok bagian belakang. Ada 10 personel Brimob yang menjebol tembok. "Pertama di tembok belakang, lalu jebol maju lagi. Ada sepuluh orang (yang jebol)," imbuhnya.

Tembok dijebol dengan menggunakan besi dan palu martil dari warga sekitar. ketika tembok bisa dijebol, korban laki-laki dan perempuan langsung berhamburan keluar. "Pakai besi bulat dan palu martil seadanya dari warga sekitar. Ada yang keluar perempuan dan laki-laki. Yang keluar di sini ibu-ibu. Kebanyakan korban yang terjebak karena api ada di tengah-tengah," jelasnya.

Kisah lain juga diutarakan oleh Kepala Desa Belimbing, Maskota. Dia mendengar suara teriakan dan gedor-gedor pintu ketika ada ledakan di pabrik petasan Kosambi. Maskota mengtakan para pekerja terkunci di dalam pabrik.

"Kalau lihat, mungkin mereka sudah terbiasa. Kalau pintu pabrik tidak dikunci mungkin banyak yang selamat. Mereka itu saat kejadian banyak yang teriak, gedor-gedor pintu," kata Maskota.

Maskota menjelaskan, akibat pintu yang terkunci dari dalam, banyak pegawai yang kesulitan keluar untuk menyelamatkan. Karena itu, para pekerja tidak bisa menyelamatkan dirinya dari ledakan di pabrik petasan tersebut. "Menurut informasi, karena pintu gerbang tertutup dan terkunci, terkunci juga dari dalam, jadi mereka tidak bisa selamatkan diri," jelasnya.

Maskota juga menjelaskan ledakan yang terjadi di pabrik petasan itu terasa hingga ke rumahnya. Rumah kepala desa itu berada sekitar 3 kilometer dari lokasi kejadian.

Sekarang, peristiwa ledakan yang telah menjadi sorotan dunia itu masih diselidiki oleh polisi. Polisi meminta sejumlah keterangan kepada pihak manajemen pabrik petasan yang meledak di Kosambi, Kota Tangerang. Manajer operasional pabrik tersebut langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih mendalam.

"Sementara ini manajer operasional pabriknya sudah kami bawa ke Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada Panggung Berita, Kamis 26 Oktober 2017.

Selain itu, Indra Liyono (40), yang diketahui sebagai pemilik pabrik petasan yang meledak di kawasan Pergudangan 99 Kosambi, Kota Tangerang, dimintai keterangan oleh polisi. Saat ini Indra masih diperiksa secara intensif di Polsek Teluk Naga.

"Pemilik pabrik sudah ada, sekarang masih diperiksa oleh penyidik Polres di Polsek Teluk Naga," jelas Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan.

Hingga saat ini terdata sudah ada 47 korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Sementara 46 korban yang mengalami luka dirawat di RSUD Tangerang, RSIA BUN dan RS Mitra Keluarga. Tim Forensik saat ini masih bekerja keras dalam mengidentifikasi jasad 47 korban.

Sementara itu, Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja (Menaker) segera mengecek apakah ada pelanggaran yang dilakukan pemilik pabrik itu terkait dengan ketenagakerjaan, termasuk dugaan mempekerjakan anak di bawah umur. "Saya sudah melihat beritanya dan langsung memerintahkan jajaran saya untuk menangani kasus itu," kata Hanif.


Baca Juga:

>> Aksi Curanmor Mencoreng Hari Santri Nasional di Garut

>> Sektor Industri Nasional Membutuhkan Dukungan Teknologi Terbaru


Bagikan


Penampilan-Novel-Baswedan-Tiba-di-Indonesia

Penampilan Novel Baswedan Tiba di Indonesia

Miris-3-Artis-Tanah-Air-Ini-Tertangkap-Akibat-Narkoba

Miris, 3 Artis Tanah Air Ini Tertangkap Akibat Narkoba

KNKT-Turun-Tangan-Usut-Kapal-Jetliner-Tabrak-Kantor-Syahbandar

KNKT Turun Tangan Usut Kapal Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar

Cerita-Kampung-China-di-Kotatua-Jakarta

Cerita Kampung China di Kotatua Jakarta

Kereta-Amtrak-Tabrak-Kereta-Barang-Puluhan-Penumpang-LukaLuka

Kereta Amtrak Tabrak Kereta Barang, Puluhan Penumpang Luka-Luka

Dua-Sungai-di-Brebes-Meluap-Ratusan-Rumah-Terendam-Banjir

Dua Sungai di Brebes Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Polisi-Ringkus-Pembunuh-Anak-Pemilik-Warung-di-Pasar-Rebo

Polisi Ringkus Pembunuh Anak Pemilik Warung di Pasar Rebo

Kecelakaan-terjadi-di-Tanjakan-Emen-

Kecelakaan terjadi di Tanjakan Emen

News Feed


Pelaku Pembacokan Ahli IT Hermansyah Membuang Pisau Setelah Beraksi

Di Tol Jagorawi KM 6, Jakarta Timur, Ahli IT Hermansyah mengalami pembacokan pada Minggu 9 Juli 2017 lalu, akibatnya ia mengalami luka-luka. Usai membacok korbannya, pelaku segera membuang pisau..

Tidak Merokok, Karyawan di Jepang Bisa Dapat Cuti Tambahan

Sebuah perusahaan di Jepang memberikan cuti tambahan sebanyak enam hari untuk karyawannya yang tidak merokok.

Singapore Night Festival, Acara Tahunan yang Spektakuler di Singapura

Singapore Night Festival yang sangat spektakuler dan menjadi agenda tahunan di Singapura. Penampilan Close Act Theatre sangat menyedot perhatian wisatan, pertunjukan paduan seni peran dengan sirkus

Festival Jerami di Desa Gentansari Serta Pesan Penting untuk Para Petani

Karang Taruna Pelita Mas Kabupaten Banjarnegara mengadakan festival jerami. Festival ini memiliki pesan yang sangat penting untuk para petani.

Bawaslu Minta Pemprov DKI Hapus Video Ahok, Inilah Alasannya

Bawaslu DKI Jakarta pernah meminta kepada pihak Pemprov DKI Jakarta untuk menurunkan video rapat serta kegiatan Ahok saat masih menjadi gubernur.

Pemahaman Keliru Soal Kasih Motor Kepada Anak di Bawah Umur

Fenomena orang tua yang memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih dibawah umur serta belum mempunyai surat izin mengemudi (SIM) adalah pemikiran yang salah.

Rumpi Transport Publik Bareng Anak Muda Agar Mencintai Transportasi Umum

Ada beberapan alasan dari mereka yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadinya di banding dengan naik kendaraan umum untuk menunjang kegiatan sehari-hari mereka.

Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Tulang

Beberapa makanan dan minuman ini dapat merusak tulang kita, hati-hati apabila mengkonsumsi makanan dan minuman ini Sahabat Panggung Berita..

Bocah SD Sukabumi Tewas, Berkelahi Dengan Teman Satu Kelas

Seorang bocah kelas 2 SD meregang nyawa setelah diketahui berkelahi dengan teman sebaya satu kelas di sekolahan. Menurut kabar yang beredar SR kerap mendapatkan perlakuan bully dari teman sekelasnya..

Harga Komoditas Karet Menurun Jauh

Salah seorang petani komoditas karet bernama Matius (35 tahun) mengatakan bahwa para petani yang lain sempat senang ketika harga karet menjadi Rp 10.000 per kilogram di awal tahun 2017

Sumarsono: Ada yang Tidak Beres Dalam Perekrutan Pasukan Oranye Jakarta

Menurut Sumarsono, pelanggaran yang sekarang sedang terjadi di sebabkan karena adanya prosedur transisi perekrutan yang pada sebelumnya di laksanakan langsung oleh pihak Dinas Kebersihan.

Perjuangan Juventus Lawan Sporting, Allegri Kritik Lini Depan Timnya

Juventus meraih kemenangan 2-1 saat melawan Sporting. Tapi, gol kemenangan Si Nyonya Tua, julukan dari Juventus, baru tercipta saat menit ke-84 melalui Mario Mandzukic.

Bayi di Dalam Kandungan Menendang Rahim Ibunya Hingga Robek

seorang calon ibu asal China nyaris kehilangan nyawanya setelah bayi yang dikandungnya menendang dengan keras sehingga rahimnya robek.

KNKT Turun Tangan Usut Kapal Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar

terjadinya sebuah kecelakaan kapal yang menabrak sebuah kantor Dharma Wanita

Tsamara Amany, Politikus Muda yang Ajak Generasi Muda Untuk Bijak Gunakan Medsos

Menurut Tsamara Amany Alatas, media sosial merupakan ladang untuk membagikan artikel dan juga berita yang baik kepada masyarakat atau publik. Simak kelanjutannya disini...

Kamu Mengalami Tekanan Darah Yang Rendah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa penyebab yang mungkin saja dapat membuat tekenan darahmu menjadi rendah, seperti berikut ini.

Panwaslu Jakut Usut Kedatangan SBY ke Pademangan saat Masa Tenang

Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) serta Panitia pengawas Kecamatan (Panwascam) pademangan juga sudah meninjau langsung ke lokasi yang di datangi oleh SBY, yang di duga berada di wilayah Jakut.

Tips Menjaga Uang Gajian, Agar Tidak Hanya Numpang Lewat Doang

Uang gajian hanya numpang lewat saja? Wah, sebaiknya anda teliti terlebih dahulu pengeluaran dan keborosan kecil apa saja yang kamu lakukan. Berikut beberapa tips yang dirangkum Panggung Berita:

Campuran Bahan-bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Belang

Bahan-bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit belang dan gosong akibat paparan sinar matahri, simak dibawah ini.

Camoi Aek Biru Destinasi Wisata Populer di Pulau Bangka

Memang Pulau Bangka ini lebih dikenal dengan kuliner dan tempat wisata alam seperti pantai-pantainya yang indah dan memesona.

Bayi Kembar Identik Ini Saling Menguatkan dan Bergandengan Sejak di Rahim

Kondisi seperti ini yang dinamakan kembar monoamniotic-monochorionic ini membuat kedua bayi kembar itu berada di dalam satu placenta yang sama. Hayley Lampshire, yang berusia 27 tahun.

Mengetahui Masalah Kesehatan Tubuh dari Letak Jerawat

Seringkali jerawat muncul karena kurang cukupnya perawatan kulit atau kelebihan minyak pada kulit. Namun, jerawat yang muncul juga bisa mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang lain terjadi di dalam tubuh

Manfaat Telur untuk Kesehatan Rambut yang Tidak Diketahui

Bagi wanita, rambut adalah sebuah mahkota dan sebagai penunjang penampilan. Rambut yang indah dan sehat akan membuat percaya diri, tapi bagaimana jika rambut mengalami kerontokan? kami punya tispnya

Yuk Kenali Alergi Ini Pada Anak!

Perlu kita perhatikan reaksi tubuh anak apabila ada ketidakcocokan terhadap makanan tertentu, reaksi tubuh bisa bermacam-macam seperti gatal-gatal. Kenali alergi pada anak disini. Simak kelanjutannya.

Analisis Polisi Terkait Banyaknya Jumlah Korban Tewas di Pabrik Petasan

Sejauh ini korban tewas akibat kebakaran hebat di pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, tercatat sudah mencapai 47 orang.

Buah Apokat Beserta Manfaatnya Yang Perlu Kamu Ketahui

Tumbuhan alpukat sendiri memiliki banyak manfaat dan banyak orang yang kurang mengetahuinya. Tumbuhan alpukat memiliki banyak macam manfaat dan kegunaannya mulai dari batang, daun, biji dan dagingnya.

Hati-hati dengan Penipuan New Color for WhatsApp yang Bikin HP Anda Banjir Iklan

Waspada VIRUS Baru Di WhatssApp !!! Hati-hati dengan Penipuan New Color for WhatsApp yang Bikin HP Anda Banjir Iklan, kembali lagi diserang oleh scam melalui aplikasi pesan instan WhatsApp.

Pemkot Bandung Hibahkan Rp 12,3 M kepada Panwaslu untuk Pilkada Serentak 2018

Dana besar itu digelontorkan untuk memastikan supaya kegiatan Pilkada serentak bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya pelanggaran.

Anak-Anak Istimewa di Dataran Tinggi Dieng

Di pelukan sang ibu, Ulfi Silviana masih terus menangis. Anak perempuan yang berumur 3 tahun itu terus menangis sekeras – kerasnya meski ibunya, bernama Sriah, memberikan berbagai bujukan.

Polisi Masih Menelusuri Aset Bos First Travel yang di Duga Berpindah Tangan

Tim penyidik Breskrim Polri saat ini masih menelusuri aset-aset yang dimiliki bos First Travel yang diduga telah berpindah tangan

Tidak Hanya Ekstrem, Olahraga Ini Juga Mahal

Pernahkah kamu berpikir untuk melakukan olahraga yang akan menguji keberanianmu? Berikut ini Panggung Berita telah merangkum beberapa olahraga yang dikenal ekstrem dan mahal untuk melakukannya.

Jajanan Kaki Lima Terbaik di Berbagai Belahan Dunia

ternyata jajanan kaki lima ini tidak hanya berkembang di Indonesia, tiap negara memiliki "street food" yang berbeda-beda. Ada 5 negara yang dikenal memiliki jajanan kaki lima terbaiknya.

Cerita Unik di Balik Foto Selfie Cristiano Ronaldo Jadi Karyawan Indomaret

Foto editan tersebut merupakan ulah dari seorang pria yang bernama Indra Nul Hakim asal Jakarta. Ia tidak menyangka kalau hasil editannya yang hanya bermula dari keisengan.

YLKI: Waspada Terhadap Mie Korea yang Diduga Mengandung Babi

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sejumlah mie instan asal Korea yang mengandung unsur babi seperti merek Samyang (dua varian) Nongsim dan Ottogi.

Permukaan Kawah di Gunung Agung Retak dan Gempa Saat Ini Terus Meningkat

Terlihat dalam radius 12 km, muncul solfarata atau gas oksida belerang yang menandakan adanya perubahan di kawah Gunung Agung.

Banjir Terburuk di Thailand, 6 Warga Tewas

Salah satu dari pemilik Wisma di Pulau Samui bernama Tuula Fitzpatrick, mengatakan kalau banjir yang terjadi saat ini adalah banjir terburuk di pulau itu selama satu dekade lebih belakangan ini.

Ingin Produktif Saat Dalam Perjalanan? Coba Lakukan Ini!

Inilah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika kamu dalam perjalanan agar waktumu tidak terbuang sia-sia sehingga masih produktif di hari tersebut, berikut ini ada 5 caranya

Soto Medan Menjadi Menu Pembuka di Acara Adat Pernikahan Kahiyang-Bobby

Acara adat Mandailing pernikahan Kahiyang-Bobby diawali dengan menyembelih kerbau. Untuk para tetua adat serta keluarga raja-raja disiapkan santapan lezat. Apa saja ya?

FPI Daerah Mencari Relawan Untuk ke Rohingya, Syaratnya Siap Mati Syahid

Front Pembela Islam (FPI) di daerah sudah membuka pendaftaran untuk mengirim relawan ke Rohingya. Salah satu persyaratannya adalah siap mati syahid. Ada diantara kalian yang berminat?

Besok Sammy Simorangkir dan Viviane Akan Melangsungkan Pernikahan di Bali

Sammy Simorangkir bersama Viviane Tjeuw akan segera melangsungkan pernikahan. Dimana pestanya akan diselenggarakan pada besok hari Sabtu 22 Juli 2017. Simak kisah keduanya berikut ini...

Ternyata 6 Ikon Populer Ini Memiliki Fakta yang Masih Misterius!

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum bangunan yang terkenal tetapi menyimpan banyak sekali fakta yang tersembunyi.

Hongaria ingin Menyelenggarakan Balapan MotoGP di sirkuit Hungaroring

Pada tahun lalu, sirkuit Hungaroring sudah di aspal ulang untuk pertama kalinya semenjak di bangun pada tahun 1985 dan di sudah berikan kerb baru.

BMKG: Curah Hujan di Jabodetabek Akan Terus Meningkat

Dengan potensi curah hujan yang tinggi di periode bulan Februari ini, maka potensi curah hujan lebat harian dapat meningkatkan peluang terjadinya bencana Hidrometeorologi.

Meninjau Lokasi Banjir Cipinang Melayu, Anies Diminta Tidak Stop KJP

Sejumlah titik di Jakarta digenang air, Anies pun datang untuk menyapa warga DKI Jakarta yang sedang terkena musibah banjir tersebut dan terus meladeni setiap permintaan warga untuk berfoto bersama.

Banjir Bandang Melanda Asia Selatan

Banjir bandang melanda Asia selatan dan membuat kurang lebih 40 juta jiwa terkena dampaknya, Bencana ini terjadi karena curah hujan dan menyebabkan kurang lebih 1.200 orang meninggal dunia.

Anda Malas Mandi? Hati-Hati, 5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Diri Anda

Kita semua mengetahui kalau mandi itu merupakan rutinitas penting yang sangat wajib untuk dilakukan. Tetapi, banyak juga orang yang enggan mandi karena alasan malas.

Inilah Manfaat Minyak Lavender untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Lavender adalah salah satu jenis tanaman yang sering digunakan untuk dijadikan tanaman hias karena warnanya yang indah. Berikut dibawah ini adalah manfaat minyak lavender untuk kecantikan

Perlu Diketahui Menggunakan Bantal pada Headrest Justru Berbahaya

Penggunaan bantalan headrest ini sangat berbahaya lho, sehingga bisa membuat terjadinya whiplash. Penggunaan bantalan leher pada headrest ini dilarang, karena bisa menyebabkan cedera pada leher.

Megawati dan Jokowi Bahas Situasi Politik Nasional di Istana Batu Tulis

Ibu Megawati dan Presiden jokowi melakukan pertemuan di Istana Batu Tulis

Upaya Penculikan Terhadap Anak Sekolah Dasar

Upaya penculikan terhadap anak SD (Sekolah Dasar), tetapi untungnya sang anak berhasil lolos karena ia mengigit tangan sang pelaku dan melarikan diri. Berikut kisahnya..

Berita Popular