Mengerikan, Inilah Cerita Saksi Mata di Balik Ledakan Keras Pabrik Petasan Kosambi


Panggung Berita - Ledakan pabrik petasan di Kosambi, Kabupaten Tangerang, merenggut sebanyak 47 nyawa dan melukai puluhan orang. Peristiwa mengerikan itu menyisakan trauma mendalam dan tanda tanya besar. 

Ledakan yang disusul oleh kebakaran hebat terjadi pada Kamis 26 Oktober 2017 sekitar pukul 09.00 WIB. Suara ledakan yang menggelegar bagaikan bom dan membuat orang panik berlarian untuk menyelamatkan diri.

Agus, yang merupakan seorang saksi mata menceritakan kejadian tersebut yang membuat dirinya syok. Sopir truk ini hanya berada sekitar 10 meter dari gerbang pabrik maut tersebut.

Saat itu, Agus sedang bersantai dengan sejumlah anggota Brimob di dekat lokasi kebakaran. "Itu ledakannya sangat keras sekali kayak bom. Saking kerasnya ledakan itu, saya sama beberapa Brimob sampai tiarap," ujar Agus.

Api kemudian berkobar dan asap hitam mengepul dari gudang petasan tersebut. Lalu terjadi beberapa ledakan susulan, namun lebih kecil suaranya.

Tidak lama kemudian, pegawai yang berada di dalam gudang tersebut berlarian keluar menyelamatkan diri. Beberapa pegawai yang berlari dalam kondisi tubuh terbakar. Suasana sangat mencekam. "Orang-orang pada teriak. Terus gak lama keluar ibu-ibu udah habis pakaiannya. Dia ditolong sama Brimob. Saya shock melihatnya," imbuh Agus.

Ledakan keras itu juga membuat panik siswa siswi SMPN 1 Kosambi yang berjarang 10 meter pabrik. Bangunan antar sekolah dan pabrik hanya dipisahkan oleh jalan yang tidak begitu lebar.

"Kaget, lihat asap warnanya oranye. Anak-anak sekolah kabur karena ledakan," cerita saksi mata, Rio Dwi, siswa SMPN 1 Kosambi.

Rio menceritakan ledakan yang muncul bersuara sangat keras. Saat itu, siswa di kelas lain pun ikut keluar dari kelas tanpa adanya instruksi dari guru.

Kesaksian lainnya juga disampaikan oleh Bharatu Brimob Polda Kalbar, Armansyah. Saat terdengar suara ledakan, anggota Brimob tersebut langsung bersigap membantu korban yang masih terjebak di dalam pabrik.

"Awalnya sih kita abis selesai apel pagi rencananya mau patroli. Jadi pas patroli menunggu yang mau ngawal kita, kita menaruh barang di atas. Pas lagi naruh barang di atas, lihat jendela, di tengah meledak," ujar Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya berniat untuk menjebol salah satu dinding pabrik. Namun hal itu tidak jadi karena ada mesin ganset di balik temboknya. "Lalu turun kami semua kan, kami membantu evakuasi selamatkan diri dari gudang ini, kami bantu. Pas tempat meledak, dinding itu saya mau jebol. Tapi ada yang teriak, 'Di situ gudang genset.' Jadi kami sama beberapa orang yang jebol dinding kembali ke depan," cerita Armansyah.

Armansyah bersama dengan rekannya lekas berpindah ke bagian depan pabrik. Pada saat yang bersamaan, terlihat api di balik dinding yang ingin dijebol. "Karena diteriakin ada genset, nggak lama kembali keluar api kecil dari situ, kemudian ada ledakan, karena di situ adalah tempat karbit," imbuhnya.

Untuk menolong korban yang terjebak dalam kobaran api, personel Brimob kemudian menjebol tembok bagian belakang. Ada 10 personel Brimob yang menjebol tembok. "Pertama di tembok belakang, lalu jebol maju lagi. Ada sepuluh orang (yang jebol)," imbuhnya.

Tembok dijebol dengan menggunakan besi dan palu martil dari warga sekitar. ketika tembok bisa dijebol, korban laki-laki dan perempuan langsung berhamburan keluar. "Pakai besi bulat dan palu martil seadanya dari warga sekitar. Ada yang keluar perempuan dan laki-laki. Yang keluar di sini ibu-ibu. Kebanyakan korban yang terjebak karena api ada di tengah-tengah," jelasnya.

Kisah lain juga diutarakan oleh Kepala Desa Belimbing, Maskota. Dia mendengar suara teriakan dan gedor-gedor pintu ketika ada ledakan di pabrik petasan Kosambi. Maskota mengtakan para pekerja terkunci di dalam pabrik.

"Kalau lihat, mungkin mereka sudah terbiasa. Kalau pintu pabrik tidak dikunci mungkin banyak yang selamat. Mereka itu saat kejadian banyak yang teriak, gedor-gedor pintu," kata Maskota.

Maskota menjelaskan, akibat pintu yang terkunci dari dalam, banyak pegawai yang kesulitan keluar untuk menyelamatkan. Karena itu, para pekerja tidak bisa menyelamatkan dirinya dari ledakan di pabrik petasan tersebut. "Menurut informasi, karena pintu gerbang tertutup dan terkunci, terkunci juga dari dalam, jadi mereka tidak bisa selamatkan diri," jelasnya.

Maskota juga menjelaskan ledakan yang terjadi di pabrik petasan itu terasa hingga ke rumahnya. Rumah kepala desa itu berada sekitar 3 kilometer dari lokasi kejadian.

Sekarang, peristiwa ledakan yang telah menjadi sorotan dunia itu masih diselidiki oleh polisi. Polisi meminta sejumlah keterangan kepada pihak manajemen pabrik petasan yang meledak di Kosambi, Kota Tangerang. Manajer operasional pabrik tersebut langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan lebih mendalam.

"Sementara ini manajer operasional pabriknya sudah kami bawa ke Polda Metro Jaya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis kepada Panggung Berita, Kamis 26 Oktober 2017.

Selain itu, Indra Liyono (40), yang diketahui sebagai pemilik pabrik petasan yang meledak di kawasan Pergudangan 99 Kosambi, Kota Tangerang, dimintai keterangan oleh polisi. Saat ini Indra masih diperiksa secara intensif di Polsek Teluk Naga.

"Pemilik pabrik sudah ada, sekarang masih diperiksa oleh penyidik Polres di Polsek Teluk Naga," jelas Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan.

Hingga saat ini terdata sudah ada 47 korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Sementara 46 korban yang mengalami luka dirawat di RSUD Tangerang, RSIA BUN dan RS Mitra Keluarga. Tim Forensik saat ini masih bekerja keras dalam mengidentifikasi jasad 47 korban.

Sementara itu, Hanif Dhakiri selaku Menteri Tenaga Kerja (Menaker) segera mengecek apakah ada pelanggaran yang dilakukan pemilik pabrik itu terkait dengan ketenagakerjaan, termasuk dugaan mempekerjakan anak di bawah umur. "Saya sudah melihat beritanya dan langsung memerintahkan jajaran saya untuk menangani kasus itu," kata Hanif.


Baca Juga:

>> Aksi Curanmor Mencoreng Hari Santri Nasional di Garut

>> Sektor Industri Nasional Membutuhkan Dukungan Teknologi Terbaru


Bagikan


Penampilan-Novel-Baswedan-Tiba-di-Indonesia

Penampilan Novel Baswedan Tiba di Indonesia

Miris-3-Artis-Tanah-Air-Ini-Tertangkap-Akibat-Narkoba

Miris, 3 Artis Tanah Air Ini Tertangkap Akibat Narkoba

KNKT-Turun-Tangan-Usut-Kapal-Jetliner-Tabrak-Kantor-Syahbandar

KNKT Turun Tangan Usut Kapal Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar

Cerita-Kampung-China-di-Kotatua-Jakarta

Cerita Kampung China di Kotatua Jakarta

Kereta-Amtrak-Tabrak-Kereta-Barang-Puluhan-Penumpang-LukaLuka

Kereta Amtrak Tabrak Kereta Barang, Puluhan Penumpang Luka-Luka

Dua-Sungai-di-Brebes-Meluap-Ratusan-Rumah-Terendam-Banjir

Dua Sungai di Brebes Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Polisi-Ringkus-Pembunuh-Anak-Pemilik-Warung-di-Pasar-Rebo

Polisi Ringkus Pembunuh Anak Pemilik Warung di Pasar Rebo

Kecelakaan-terjadi-di-Tanjakan-Emen-

Kecelakaan terjadi di Tanjakan Emen

News Feed


Seorang Bocah 10 Tahun Rela Memakan Apa Saja Asal Bisa Makan

Seorang bocah laki-laki berumur 10 tahun ini akan memakan apa saja yang ia temukan apabila ia lapar dan tidak menemukan makanan. Bocah ini memang terkena sindrom yang membuat ia merasa lapar terus....

Biji Kecil Ini Ternyata Sehat Untuk Kecantikan Kulitmu

Beberapa orang mungkin mengetahui bahwa biji selasih atau biji shia dikenal dapat membantu menyembuhkan sariawan. Tetapi ternyata tidak hanya itu, biji selasih ini memiliki banyak sekali manfaat......

Air Mata Nenek Nasem yang Menangisi Sepetak Sawah Warisan Ayahnya

Nenek Nisem bersama dengan puluhan petani lain mengadakan aksi damai. Mereka menolak pengurukan lahan calon gedung Puskesmas Bantarsari seluas 80 ubin atau setara dengan 1.125 meter persegi.

Pertemuan Saudara Kembar Yang Terpisah Sejak Lahir

Dalam pencarian masa lalu anak angkatnya tersebut, Jennifer menemukan foto sesorang yang sangat mirip dengan anak angkatnya, Audrey. Dan Jennifer sangat yakin kalau anak angkatnya dan foto dari anak.

Populasi Menurun, Pemerintah Polandia Mengimbau Warga Tiru Kelinci

Pemerintah Polandia mendorong warganya untuk bereproduksi seperti kelinci, hewan yang dikenal bisa berkembang biak dengan cepat.

Cerita Larry Page Bangun Google dari Nol Hingga Jadi Raksasa Internet

Apakah ada diantara pengguna smartphone yang tidak sama sekali tidak pernah memakai layanan Google? Semua produk Google mulai dari email, mesin pencari, layanan penyimpanan cloud, pemutar musik, peta

Kelompok Ibu-ibu Ini Bisnis Kue Betawi Beromzet Rp 30 Juta/Bulan

Berawal hanya modal Rp 500 ribu, sekarang kelompok UKM ini berhasil mendapatkan omzet hingga Rp 30 juta perbulannya. Simak kisah selengkapnya.

Mengenal Kisah di Balik Pendiri Media Sosial Nomor Satu Dunia

Mengenal kisah dari seorang pendiri media sosial nomor satu di dunia, tentu membangun kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan, inilah kisahnya!

Larangan Kendaraan Roda Dua Diperluas, Setuju atau Tidak?

Pemprov DKI Jakarta berencana akan memperluas kawasan larangan perlintasan sepeda motor dari kawasan Senayan dan Sudirman muali tanggal 12 September 2017.

Ingin Produktif Saat Dalam Perjalanan? Coba Lakukan Ini!

Inilah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika kamu dalam perjalanan agar waktumu tidak terbuang sia-sia sehingga masih produktif di hari tersebut, berikut ini ada 5 caranya

Tempat Wisata Yang Diperkirakan Akan Hits di Tahun Ini

Camoi Aek Biru Dimana danau ini terdapat di Provinsi Bangka Belitung, danau ini sebenarnya bukan dibentuk untuk tempat wisata.

Unik, Inilah Cara Yang Dilakukan Orang Rusia Untuk Turunkan Berat Badan

Pasalnya, memiliki tubuh yang gemuk akan membuat anda akan terlihat kurang menarik sedangkan bentuk tubuh yang ideal dan ramping akan terlihat jauh lebih menarik. Yuk simak cara orang Rusia ini!

Meskipun Tak Menggunakan Micin, Tempat Makan Ini Tetap Ramai Dengan Pengunjung

"Warung Makan Khas Jawa" yang dahulu digunakan sebagai bengkel kendaraan beroda dua ini bisa dibaling lahir karena "keberanian si pemilik".

Tips Hemat Baterai Sesudah Update Menjadi iOS 11

Panggung Berita memiliki beberapa tips dalam mengatasi masalah tersebut pada gadgetmu pada sistem operasi baru iOS 11.

Cerita Kampung China di Kotatua Jakarta

sejarah yang ada pada kota tua di ibu kota jakarta

Mengenang Benyamin Sueb, Teater Abang None Gelar Pementasan

Sebagai persembahan dan wujud apresiasi terhadap sosok Benyamin Sueb, Teater Abang None Jakarta menggelar konser teatrikal berjudul "Babe, Muka Kampung Rejeki Kota".

Seperti Kahiyang Ayu, Inilah Enaknya Menjadi Anak Perempuan Satu-satunya di Keluarga

Banyak sekali keuntungan yg dirasakan seseorang jika menjadi anak perempuan satu-satunya seperti Kahiyang, berikut beberapa keuntungan yang dirasakan oleh satu-satunya anak perempuan.

Gula Merah atau Gula Putih yang Lebih Baik Untuk Kopi?

Untuk menikmati secangkir kopi, kebanyakan orang akan menambahkan gula untuk pemanis rasa kopinya. Sebagian orang ada yang menggunakan gula putih dan gula merah. Sebenarnya mana yang lebih baik?

Para Pencinta Game, Stickman Akan Merilis Versi Baru!

Kalian para gamers pasti tau game stickman yang di produksi oleh Djinnworks. Djinnworks sendiri telah berdiri 7 tahun yang lalu, sebagai developer game untuk Android ataupun iOS dan telah membuat ban

Bahaya Sering Tidur Larut Malam Yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi Anda yang sering tidur terlalu larut malam, ini adalah bahaya-bahaya yang akan mengintai Anda yang perlu diketahui!

WhatsApp Diblokir di China? Kenapa Alasannya

Pemblokiran untuk WhatsApp itu bertepatan dengan event lima tahunan kongres Partai Komunis China.

Merawat Rambut Dengan Cara Yang Sederhana

Rambut bagaikan mahkota bagi setiap perempuan. Akan tetapi, aktivitas yang dilakukan boleh para wanita di luar sana dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Akibat Rasa Bosan, Kakek Ini Melukis Kampungnya

Di Taiwan, ada sebuah perkampungan yang dijuluki Kampung Pelangi. Kampung cantik ini dilukis oleh seorang kakek yang awalnya merasa bosan karena tinggal dilingkungan yang kumuh.

Tempat Wisata di Kota Batam yang Selalu Ramai Dengan Pengunjung

Batam merupakan salah satu kota yang ramai dikunjungi oleh mereka yang suka dengan belanja. Kota Batam ini juga terletak berseberangan dengan Negara Singapura serta Malaysia.

Polusi Semakin Banyak Membuat Sulit Mendapatkan Rumah Sehat di Jakarta

Pencemaran udara, air, dan tanah yang terjadi di Jakarta semakin memburuk. Jika tidak segera diatasi, dalam jangka waktu 10 tahun yang akan datang, sebagian dari Jakarta akan tenggelam.

Inilah yang Terjadi pada Otak Jika Berbohong

Menghindar dari berbohong tentunya sulit dilakukan jika sudah menjadi kebiasaan. Seseorang harus menyakinkan dirinya bahwa ia ingin lebih jujur di masa yang akan datang.

Rossi: di Musim 2017 Akan Menarik Sekali, Tapi Tidaklah Akan Lebih Mudah

Sedangkan pebalap dari Ducati yang sudah tergusur, Andrea Iannone, ia akan membalap untuk membela Suzuki di musim 2017 ini.

Kanada menawarkan bantuan bagi yang terlantar akibat kebijakan Donald Trump

Kecelakaan lalu lintas tersebut terjadi akibat Gladys yang tidak konsentrasi ketika mengemudikan kendaraannya sehingga ia menerobos lampu merah yang berada di perempatan Palmerah.

Sesaat Lagi Inter Milan akan Perkenalkan Dua Pemain Baru

Klub bola raksasa Italia, yakni Inter Milan berhasil mendapatkan tambahan 2 pemain baru, kedua pemain baru itu adalah Ramirez dan Lisandro Lopez.

Jurus Google Hadapi Penyebaran Malware di Android

Google selaku pemilik sistem operasi robot hijau ini tidak tinggal diam dalam menangani ancaman malware. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut mempunyai sejumlah 'jurus' jitu.

Ayam Jago pada Mangkuk Legendaris Makin Populer, Produsen Beri Peringatan!

Siapa yang tidak tahu dengan lukisan ayam yang ada dimangkuk di gambar? ternayata mangkuk ini tidak boleh diperbanyak sembarangan, karena ada hak ciptanya.

Mengintip Mobil Sandiaga Uno Menjelang Pelantikan

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara pukul 16.00 WIB. Sbelum ke Istanam ANies akan pergi ke Masjid Sunda Kelapa.

Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Pakar nutrisi mengungkapkan bahwa kebiasaan seperti pelatihan kebugaran juga dengan yoga akan membuat hidup menjadi sehat serta menyenangkan. Berikut ini beberapa kiat kebiasaan-kebiasaan baik........

Hal Yang Lebih Baik Dilakukan Sebelum Olahraga

Sebelum olahraga baiknya melakukan perenggangan terlebih dahulu, namun kebanyakan orang mengabaikan hal ini. Jangan menganggap sepele dengan peregangan ini, karna dapat menimbulkan dampak yang buruk.

Tindak Pidana Mengenai Candaan Bom

Albertus adalah seorang laki-laki berumur 32 tahun. Albertus diketahui telah membuat lelucon yang dianggap membuat para penumpang dan juga kru pesawat menjadi resah.

Antasari Azhar Akan Mengajukan PK Kedua ke MA

Antasari Azhar mengatakan, PK yang ingin di ajukan ini sengaja di lakukan untuk membuktikan kliennya yang tidak bersalah dalam kasus pembunuhan Nasruddin Zulkarnaen.

BPOM: Kerupuk Memang Pasti Terbakar Jika Disulut Api

Beberapa hari ini, media sosial diramaikan oleh kasus terbakarnya kerupuk ketika makanan tersebut di dekatkan dengan api. Lalu bagaimana tanggapan BPOM? Simak kelanjutannya disini!

Fahri Hamzah Minta Pansus Angket KPK Untuk Panggil Presiden Jokowi

Fahri Hamzah yakni selaku Wakil Ketua DPR mengusulkan Pansus Angket KPK untuk memanggil Presiden Joko Widodo guna untuk memastikan apakah Presiden lepas tangan dengan kasus ini atau tidak.

Buah-Buahan dan Sayuran yang Membuat Gigi Kuat Serta Sehat

Buah dan sayur mengandung banyak sekali antioksidan, mineral dan vitamin yang juga dapat menyehatkan gusimu. Beberapa buah-buahan dan sayuran ini dipercaya dapat membuat gigimu kuat serta sehat.......

Strategi Ketiga Cagub DKI Jakarta di 2 Pekan Jelang Pemilihan

Ketiga paslon cagub-cawagub DKI juga telah beradu argument dalam dua sesi debat yang dilaksanakan KPUD. Dan masih tersisa satu sesi debat lagi sebelum warga Jakarta menentukan pilihannya.

Partai Gerindra Batal Mengusung Demiz-Saikhu untuk Pilgub Jabar 2018?

Pencabutan dukungan tersebut disebabkan karena pertimbangan kesiapan kandidat dan dari partai PKS itu sendiri. Dan ada pernyataan bahwa Saikhu akan lebih memilih tetap mengabdi pada kota Bekasi.

Ingin Gaji Bertambah, Antoine Griezmann Memanfaatkan MU

Antoine Griezmann memanfaatkan ketertarikan klub Menchester United (MU) pada dirinya untuk mendapatkan gaji yang besar dan kontrak baru dari Atletico Madrid.

Perampok Warung di Matraman Tewas Dihabisi oleh Korbannya

Perampokan yang terjadi di Kawasan Matraman, Jakarta Timur. Tapi, kali ini justru satu orang komplotan yang berniat buruk untuk menggasak harta warung sembako tewas dihabisi oleh korbannya.

Semangat Anak Usia 3 Tahun Mengikuti Marathon Walau Mengidap Kondisi Langka

Levi, anak berusia 3 tahun, ia terlahir dengan kelainan fisik bawaan yang membuat otot-ototnya lemah. Levi membuktikan kalau dirinya mempunyai semangat yang besar dan ia bisa menjadi inspirasi.

Ketahuilah Manfaat Minyak Ikan untuk Anda yang Ingin Berbadan Kekar

Berikut ini Panggung Berita telah merangkum manfaat dari minyak ikan bagi binaragawan.

Intip Momen Ketika Ronaldo Berakhir Pekan Dengan Keluarganya

Melalui media sosial, mega bintang dari Real Madrid itu mengunggah sebuah momen ketika ia menghabiskan waktu bersama dengan kekasihnya, Georgina Rodriguez dan tidak ketinggalan anak-anaknya.

Redmi Note 4 Meledak!!! Begini Tanggapan Pihak Xiaomi

Kejadian serupa kali ini menimpa vendor yang naik daun lantaran mampu bersaing dengan produknya yang dikenal kualitas setara tapi dengan harga yang sangat terjangkau, Xiaomi Redmi Note 4.

Cara Terbaik Dalam Mengkonsumsi Buah-buahan

Buah ini dapat membantu kita menjaga kesehatan agar bebas dari berbagai masalah kesehatan selama dapat dinikmati sesuai dengan cara terbaiknya. Berikut ini beberapa cara terbaik mengkonsumsi buah:

Mengagumkan, Desa Nglanggeran Menjadi Desa Wisata Terbaik di Asia Tenggara

Penghargaan sebagai wisata desa terbaik ini merupakan motivasi untuk pariwisata yang ada di Yogyakarta untuk terus bisa meningkatkan pelayanan pariwisatanya.

Vape Bukanlah untuk Perokok Baru

Rokok elektrik atau vape ditujukan untuk mereka yang sudah jadi perokok, bukan yang tidak merokok sebelumnya. Sehingga bagi yang sebelumnya belum merokok, tidak perlu coba-coba rokok elektrik.

Berita Popular