Tugas Kreatif untuk Sekolah di Rumah

tugas kreatif

Dengan adanya ketidakpastian akhir dari pandemi corona, tidak pasti pula kapan siswa akan bisa kembali bersekolah seperti biasa. Siswa akan terus melanjutkan kegiatan sekolah di rumah hingga anjuran untuk social distancing sudah tidak ada lagi.

Karena anjuran social distancing ini sangat diperlukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona, maka meskipun banyak halangan dalam praktek, sekolah di rumah, harus tetap dilakukan.

Penyampaian materi belajar seperti biasa menjadi tidak efektif lagi. Diperlukan kreatifitas dalam mengajar maupun memberikan tugas dari guru kepada siswanya. Dengan bantuan teknologi, banyak hal yang bisa dilakukan agar tugas menjadi menarik dan bisa mengisi waktu siswa selama di rumah saja.

Tugas – tugas kreatif yang bisa diberikan guru seperti dalam :

Pelajaran Bahasa Indonesia

Banyak tugas kreatif dalam pelajaran Bahasa Indonesia :

Menulis :

Siswa di rumah bisa membuat blog web 2.0 yang gratis, misalnya di medium, wixsite, blogspot. Tema utama tulisan diberikan oleh guru, siswa bebas mengembangkan ide tulisannya. Dari tema yang diberikan oleh guru, siswa bisa membuat tulisan fiksi maupun non fiksi.

Atau siswa bisa membuat iklan poster, materi dan kata-kata iklan dibuat sendiri oleh siswa. Produk yang diiklankan bisa barang-barang yang ada di rumah.

Membaca :

Kemampuan membaca dan memahami bacaan di Indonesia masih sangat rendah, dibuktikan dengan ranking literasi Indonesia di World Culture Index Score berada di posisi 60 dari 61 negara yang disurvei. Banyak kejadian menjadi viral di media sosial Indonesia, karena pembaca berita hanya membaca judul, tidak membaca isi berita.

Untuk itu, siswa bisa diminta membaca berita-berita selama beberapa hari dan kemudian diberi tugas atas bacaannya. Misalnya membuat timeline berita, kronologis sebuah berita, mengklasifikasi berita termasuk kategori berita apa, membuat komparasi berita dan referensi data dari para ahli, dsb.

Praktek Berbicara dan Mendengar :

Dengan teknologi rekaman video yang mudah melalui smartphone, banyak hal yang bisa dilakukan. Mencari contoh referensi video di internet bagaimana membaca puisi, kemudian siswa mengikuti membaca puisi dan merekam dirinya ketika membaca puisi.

Membuat interview dengan keluarga di rumah, membuat video iklan produk atau menjadi presenter acara dengan background rumah bisa dijadikan tugas siswa selama sekolah di rumah.

Pelajaran Matematika

Untuk siswa SD, project Matematika sederhana yang bisa dilakukan di rumah misalnya, mengukur interior rumah dan ukuran ruang-ruang di rumah, membuat desain 2D taman bermain atau layout perumahan tempat tinggalnya.

Siswa SMP bisa membuat soal dalam bingo dan dibagikan antar temannya untuk menjawab soal yang dibuat para siswa sendiri, membuat rencana anggaran takjil puasa selama seminggu

Tugas untuk siswa SMA, misalnya membuat kurva dari data harian pasien yang terinfeksi Covid-19 dan membuat persamaan kurvanya. Dari persamaan kurva, siswa bisa membuat kurva prediksi infeksi Covid-19. Atau membuat komparasi ketersediaan kamar rumah sakit dan jumlah pasien yang terinfeksi virus corona untuk melihat kecukupan kamar rumah sakit untuk pasien.

Pelajaran Sains

Praktek pelajaran sains dengan pusat kegiatan di rumah bisa dilakukan. Dengan menggunakan alat praktek yang ada di rumah, anak didik bisa praktek biologi tentang tumbuhan. Anak-anak bisa menanam kacang hijau untuk melihat pertumbuhan kecambah, praktek menanam stek dan apabila memungkinkan belajar mencangkok, menyambung tanaman.

Siswa juga bisa mencoba praktek listrik sederhana dengan baterai, mencoba kapilaritas air cukup dengan air di baskom atau gelas dan selembar kain, percobaan listrik statis dsb. Untuk percobaan fisika, guru harus membuat praktek yang menarik agar siswa didik di rumah senang melakukan prakteknya.

Hasil praktek siswa bisa didokumentasikan dalam sebuah storyboard dan siswa bisa mempresentasikannya secara online.

Pelajaran Sosial

Untuk pelajaran sosial, siswa bisa praktek ekonomi atau sejarah. Untuk ekonomi pada anak SMP praktek sederhana menjadi perencana anggaran buka puasa bersama di rumah. Siswa bisa membuat tabel anggaran pengeluaran dan pemasukan.

Untuk sejarah, siswa perlu mengetahui sejarah pandemi yang pernah tercatat di dunia. Pandemi yang terjadi tahun berapa, berapa lama, di daerah mana hingga akibat yang ditimbulkan oleh sebuah pandemi.

*****

Canva Pendidikan

Untuk memfasilitasi guru membuat media pembelajaran atau murid membuat tugas agar menarik, saat ini Canva memberi akses gratis untuk guru dan murid melalui Canva untuk Pendidikan. Dengan Canva untuk Pendidikan, semua desain Canva, termasuk desain-desain yang premium dapat digunakan secara gratis oleh guru dan murid.

Dengan Canva untuk Pendidikan, guru maupun murid bisa membuat poster, storyboard, infografis, jadwal kelas, bingo dan masih banyak desain lainnya dengan mudah.

Untuk bisa memperoleh Canva untuk Pendidikan, guru perlu mendaftar terlebih dahulu, gratis, di https://www.canva.com/id_id/pendidikan/. Setelah guru memperoleh akun Canva untuk Pendidikan, guru bisa membuat kelas di Canva, agar anak didiknya juga bisa mengakses Canva untuk Pendidikan